SUKABUMI, limadetik.com — Hujan deras yang disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon di Kota Sukabumi tumbang Selasa (22/1) sore. Dampaknya satu unit rumah warga dan satu ruko mengalami kerusakan tertimpa pohon.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, pohon tumbang menyebabkan satu rumah rusak di Kampung Sukasari Dayeuhuhur RT 02 RW 08 Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong. Rumah warga mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon Poka yang tumbang.

“Pohon Poka yang berdiameter 70 sentimeter dan Mindi yang berdiameter 30 sentimeter secara tiba-tiba mengenai rumah,” ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami kepada wartawan Rabu (23/1).

Akibatnya, rumah milik Ayi Sumiati (35 tahun) mengalami kerusakan terutama pada bagian plafon dan pagar rumah. Kerugian akibat bencana tersebut diperkirakan mencapai Rp 5 juta.

Titik bencana lainnya ungkap Zulkarnain berada di RT 02 RW 12 Jalan KH Ahmad Sanusi Tanjung Sari, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh. Di mana terjadi longsoran yang mengakbatkan pohon nangka tumbang dan menimpa atap ruko bengkel.

Pohon tumbang juga terjadi di halaman Mapolsek Warudoyong Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong. Di lokasi itu satu pohon meranti dengan diameter sekitar 30 sentimeter dan tinggi 7 meter tumbang.

Kejadian tersebut ungkap Zulkarnain berlangsung sekitar pukul 14.45 WIB. Pada waktu itu wilayah Sukabumi diguyur hujan deras yang disertai angin kencang.

Tumbangnya pohon menimpa atap garasi Polsek Warudoyong dan memutuskan sambungan kabel TV kabel. Dalam kejadian tersebut tidak ada warga yang menjadi korban jiwa.

Untuk menghadapi bencana itu, BPBD telah menurunkan tujuh orang tim untuk membereskan pohon tersebut. Upaya evakuasi pohon hanya memerlukan waktu selama kurang lebih lima menit. Kerugian akibat bencana tersebut mencapai sekitar Rp 1 juta.

Lokasi pohon tumbang berikutnya, kata Zulkarnain, berada di depan SDN Sriwedari Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Gunungpuyuh. “Pohon tumbang di tepi Jalan Bhayangkara tepatnya jenis pohon Randu diameter 25 sentimeter patah menimpa kabel telepon pinggir jalan,” ujar dia.


sumber: republika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here