Pantai wisata lombang sumenep

SUMENEP, limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur setiap tahun menggelar acara Ketupatan. Termasuk tahun ini yang rencananya akan digelar bertepatan dengan lebaran ketupat 1440 H.

Pasalnya, sesuai Kalender Event Visit 2019, even itu bakal digelar di Pantai Lombang. Salah satu destinasi wisata tertua di Kota Keris ini. Namun, rencana tersebut batal digelar dan dialihkan ke pantai Salopeng.

“Ketupatan tetap ada, tapi dialihkan di Slopeng,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Carto, Senin (10/6/2019).

Menurutnya, salah satu alasan pemindahan tempat, karena Pantai Slopeng dianggap lebih strategis dan lebih dekat dengan pemukiman warga.

“(Kalau) tempat Lombang masyarkat jauh, (di Slopeng) masyarakat lebih dekat disana, dan kami yakin nanti lebih banyak. (Kalau di Lombang) lebih jauh dari pemukiman (warga),” ucapnya.

Selain pertimbangan tempat, sambung Carto, konsep yang bakal diusung nanti berbeda dengan pegelaran even tahun sebelumnya, yakni lebih mengangkat tradisi lokal. Sehingga adanya event tersebut nantinya bisa benar-benar dinikmati oleh masyarakat.

“Modelnya mengangkat tradisi, tidak seperti dulu. Kita akan menggerakan masyarakat, sehingga benar-benar dinikmati oleh masyarakat, oleh rakyat,” ujarnya.

Salah satunya dengan cara membeli produk lokal. Nantinya setiap pengunjung akan mendapatkan makanan gratis saat berkunjung di Pantai Slopeng. Cara ini merupakan cara pemerintah memberdayakan masyarakat.

“Kita berdayakan masyarakat di sana, masyarakat penjual soto, rujak, campor untuk diberi uang sama kita untuk digratiskan (pada pengunjung),” tugas Carto. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here