SITUBONDO, Limadetik.com – Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono, SH. SIK. MSc (Eng) didampingi Bupati Situbondo, H. Dadang Sugiarto, SH resmikan gedung Eks Karesidenan Besuki jadi museum hidup. Jumat, (29/12/2017).

Museum hidup ini merupakan bukti sejarah keberadaan Karesidenan Besuki yang meliputi Probolinggo (kota dan kabupaten), Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Banyuwangi.

Saat peresmian oleh Kapolres Situbondo bersama Bupati Situbondo dengan simbolis gunting pita (Foto: Aka)

Dalam sambutannya, Sigit menyampaikan gedung Eks Karesidenan Besuki diresmikan sebagai museum agar lebih terjaga kelestariannya yang juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk lebih membangkitakan seni budaya di Kabupaten Situbondo.

Sigit menambahkan, “Museum sejarah ini dapat dijadikan salah satu destinasi wisata dalam rangka mendukung Situbondo Tahun Kunjungan Wisata 2019 yang dicanangkan Pemerintah Daerah”.

Selain meresmikan gedung sejarah, Kapolres Situbondo bersama Bupati juga meresmikan pemeliharaan dan perawatan gedung Polsek Besuki, Polsek Sumbermalang, Polsek Banyuputih, Polsek Bungatan dan Musholla di Mapolsek Panarukan.

Acara ini dihadiri pejabat Utama Polres Situbondo, Kapolsek Jajaran, Bhayangkari, Forpimka Besuki, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Kamunitas Pecinta Seni Budaya. (Aka/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here