https://limadetik.com/

Hari Pramuka, Racana Jokotole dan Potre Koneng STKIP PGRI Gelar Ulang Janji di Asta Tinggi Sumenep

Penulis: WahyudiEditor: WahyudiSumber Berita
  • Bagikan
Hari Pramuka, Racana Jokotole dan Potre Koneng STKIP PGRI Gelar Ulang Janji di Asta Tinggi Sumenep
FOTO: Racana Jokotole dan Potre Koneng saat melakukan Ulang Janji di Asta Tingga

SUMENEP, Limadetik.com – Peringati Hari Pramuka ke-60, Racana Jokotole dan Potre Koneng STKIP PGRI Sumenep menggelar ulang janji di Asta Tinggi. Di dalamnya acara tersebut dikemas dengan beberapa kegiatan istigosah, tabur bunga yang berlangsung pada jam 22.00-24.00 WIB.

Kemudian acara tersebut dilanjutkan dengan apel renungan hari pramuka tepat jam 00:00 (dini hari) special memperingati hari pramuka yang ke-60 yang jatuh pada setiap Tanggal 14 Agustus. Tepat pukul 07:00 Wib racana jokotole dan potrekoneng melakukan upacara Pramuka dengan orasi prokes di makam pahlawan.

https://limadetik.com/

“Malam ulang janji ini salah satu rangkaian peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan pada malam menjelang tanggal 14 Agustus. Inti acara ini adalah perenungan terhadap usaha, perjuangan, karya yang telah dilakukan oleh setiap pramuka demi kepramukaan dan Gerakan Pramuka serta mengulang pengucapan janji Satya Pramuka” kata Wulan Suryadi, Ketua Panitia sekaligus Ketua Dewan Racana Potre Koneng, Sabtu (14/8/2021)

Baca Juga : Peringati Hari Pramuka ke-60, Pramuka Bersama Polres Sampang Gelar Vaksinasi Massal

Wulan mengatakan, kegiatan kali ini selain ulang janji di Asta Tinggi, acara tersebut juga dilanjutkan upacara peringatan puncak hari pramuka di makam pahlawan berbeda dengan tahun sebelumnya, sebab peringatan kali ini digelar dimasa pandemi Covid-19. Meski begitu, peringatan tahun tidak mengurangi makna ke pramukaan.

“Sebelum melakukan ulang janji di Asta Tinggi, kami terlebih dahulu melakukan penerapan protokol kesehatan (prokes) dengan mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker karna di Asta Tinggi itu sendiri sangat steril dan juga ketat” ucapnya.

 

Gadis asal kepulauan Sapeken ini menyampaikan, dalam kegiatan di asta tinggi dan makam pahlawan sumenep, mereka memang tidak dikawal oleh tim satgas covid-19, mengingat peserta kegiatan hanya beberapa orang saja.

“Kami memang sudah mengantisipasi jauh sebelumnya, oleh karena itu kami tidak membawa peserta yang banyak, untuk di kawal tim satgas covid tidak karna kami hanya terdiri dari 20 orang dan dipantau juga oleh penjaga di asta tinggi sejak masuk hingga pulang” jelasnya.

Wakil ketua Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenep (Himpass) itu secara tegas mengatakan, bahwa special hari pramuka tepat tanggal 14 Agustus ini, karena pihaknya juga akan ikut berbagi masker sekaligus kampanye protokol kesehatan.

“Perintan hari pramuka tahun ini agak spesial memang, karena kami akan melakukan orasi prokes dan sekaligus berbagi ratusan masker kepada masyarakat sebagai rasa peduli kami dalam situasi pandemi saat ini” ungkapnya.

Adapun dipilihnya Asta Tinggi sebagai malam ulang janji dan doa bersama adalah sebuah momentum untuk kembali pada nilai-nilai Tri Stya, sehingga mampu merefleksikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini kali pertama kami melakukan ulang janji di asta tinggi, harapannya, kami sebagai anggota pramuka dengan adanya ulang janji dapat merefleksikan kembali nilai-nilai tri stya dalam kehidupan sehari hari. Alaikarrohim harapan” terangnya.

Wanita dengan perawakan cantik itu menambahkan, Asta Tinggi merupakan pilihan tepat agar semua anggota menyadari betapa pentingnya sebuah perjuangan para pendahulu, sehingga penting untuk di contoh oleh semua anggota pramuka.

“Karna bagi kami di asta tinggi tempat yang cocok untuk melakukan renungan terhadap segala usaha, perjuangan dan karya yang sudah dilakukan oleh pejuang-perjuang, demi pramuka dan gerakan pramuka” tukasnya.

(yd/ls)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan