https://limadetik.com/

Peringati Hari Pramuka ke-60, Pramuka Bersama Polres Sampang Gelar Vaksinasi Massal

Penulis: WahyudiSumber Berita
  • Bagikan
Peringati Hari Pramuka ke-60, Pramuka Bersama Polres Sampang Gelar Vaksinasi Massal
FOTO: Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat memberikan arahan pada acara vaksinasi massal di Hari Pramuka Ke-60 di Aula Pendopo Wakil Bupati Sampang jalan Trunojoyo Kabupaten Sampang

SAMPANG, Limadetik.com – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sampang, Madura, Jawa timur, bersama Polres Sampang menggelar vaksinasi massal di Aula Pendopo Wakil Bupati (Wabup) Sampang pada Jum’at (13/8/2021) selama 2 hari.

Giat tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pramuka yang ke-60 tahun 2021. Vaksinasi massal sebagai upaya mencapai kekebalan kelompok demi mencegah sebaran covid-19 di Kabupaten Sampang dengan mengusung tema “Berbakti Tanpa Henti”.

https://limadetik.com/

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz S.IK, M.Si, Kasat Lantas Polres Sampang AKP Ayip Rizal, Seluruh Jajaran pengurus Pramuka Kwarcab Sampang, Camat Torjun Moh. Lutfi Maliki SH, MM beserta Kepala Desa (Kades), Camat Pangarengan Samsul beserta Kepala Desa, anggota Pramuka, Pelajar dan masyarakat sekitar.

Dikesempatan tersebut, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mengatakan, Giat vaksinasi massal tersebut sebagai wujud kepedulian dan dukungan Pramuka Kwarcab Sampang terhadap masyarakat Sampang guna memutus sebaran covid-19 dan percepatan terciptanya herd immunity (kekebalan kelompok).

“Kita sudah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari ziarah ke makam pahlawan dan beberapa giat yang lain. Kali ini kita bekerja sama dengan Polres Sampang menggelar vaksinasi massal dengan target 1000 peserta. Hari ini sudah 200 orang yang sudah divaksin” ujarnya. Jum’at (13/8/2021).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pramuka Kwarcab Sampang menambahkan, dengan melakukan vaksinasi, berarti kita sudah menjadi benteng bagi yang lain karena kekebalan tubuh kita sudah terbentuk.

“Sengaja kita undang dan mencari sasaran vaksin kepada pelajar khususnya anak-anak pramuka yang ada di sekolah-sekolah. Kita juga gandeng Camat Torjun dan Pangarengan beserta Kadesnya. Kita juga libatkan beberapa komunitas serta Duta Vaksin dari Polwan Polres Sampang dan Puteri Batik Sampang untuk bersama-sama dan bahu membahu mensuksekan, memberikan edukasi kaitan dengan vaksin covid-19. Agar masyarakat sadar dan atas kemauan sendiri mau untuk divaksin” katanya.

H. Ab begitulah sapaan akrabnya, berharap, peserta yang sudah divaksin untuk mencerikan pengalamannya selama menjalani vaksinasi, mensosialisasikan bagaimana pentingnya vaksinasi sehingga memberikan rasa antusias kepada masyarakat untuk bervaksin. Memberikan pengertian dan keyakinan kepada anggota keluarga keluarga, teman dan tetangga akan pentingnya vaksinasi dan menepis rasa takut yang di akibatkan oleh berita-berita bohong.

“Buat mereka paham tentang vaksin, berikan pengertian agar tidak takut. Yakinkan kepada mereka bahwa vaksin itu aman dan halal. Dengan vaksinasi, tubuh kita sehat, aman dari covid-19 karena kekebalan tubuh kita meningkat” harapnya

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Polres Sampang, jajaran pengurus Pramuka Kwarcab Sampang, Camat Torjun dan Pangarengan, para Kades dan peserta dari kalangan anggota Pramuka, pelajar, dan masyarakat sekitar yang telah mendatangi dan mensukseskan giat vaksinasi tersebut.

“Sekarang ini kita sama-sama tau, bahwa covid-19 ini sudah menyebar. Tapi syukur alhamdulillah, dengan kerjasama yang baik, sinergitas antara Pemkab Sampang, TNI – POLRI, serta kesadaran masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan, kita bisa turun ke level 2 PPKM. Dan menjadikan Kabupaten Sampang sebagai satu-satunya Kabupaten yang bisa menurunkan level, ke level 2. Saya mengapresiasi hal itu. Mari kita pertahankan dan kalau bisa lebih diturunkan lagi ke level 1. Hal ini tentunya tak lepas dari rasa kebersamaan semua pihak dalam menyatukan persepsi dan tekad bersama dalam mencegah dan menangkal sebaran covid-19 di Kabupaten Sampang” ucapnya.

Peringati Hari Pramuka ke-60, Pramuka Bersama Polres Sampang Gelar Vaksinasi Massal
FOTO: Pelajar dan anggota Pramuka yang sudah menjalani vaksinasi massal pada peringatan Hari Pramuka ke-60 di Aula Pendopo Wabup Sampang jalan Trunojoyo Sampang

Ditempat yang sama, AKBP Abdul Hafidz S.IK, M.Si, mengatakan, mengapresiasi kegiatan yang di inisiasi oleh Wabup Sampang tersebut. Melaluinya bisa mendatangkan Saka Bhayangkara beserta orang tuanya, pihak kecamatan dan desa serta para pelajar, anggota Pramuka dan masyarakat sekitar.

“Hal ini menandakan bahwa kesadaran masyarakat Sampang sudah mulai tinggi, ini harus kita lanjutkan! program vaksinasi merupakan salah satu cara memutus dan menangkal sebaran covid-19” ujarnya.

Berkaitan dengan perluasan sasaran vaksinasi yang sekarang sudah menyasar kepada pelajar di usia 12 – 17 tahun dan semakin berkembangnya beberapa kelompok-kelompok masyarakat, baik itu komunitas maupun tokoh masyarakat yang membuka dan melaksanakan giat vaksinasi dengan membuka gerai vaksinasi mobile dibeberapa tempat, Abdul Hafidz mendukung dan menyambut baik hal tersebut.

“Kemarin kita sudah inisiasi kaitan dengan para pelajar, dimana hari selasa kemarin (10/8/2021) kita berhasil memvaksin pelajar sekitar 1000 orang. Saya mengharapkan, dari situ ada dan muncul inisiasi-inisiasi baru dari beberapa kelompok masyakat yang benar-benar menginginkan eksistensi dari pada kelompok tersebut untuk bisa melewati pandemi ini. Dan itu kita harus mau divaksin” tegasnya.

Salah satu peserta vaksinasi, Virda Nur Kamaria (15 thn) seorang siswi pelajar di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kelurahan Banyuanyar Kecamatan/Kabupaten Sampang mengungkapkan, Ia mau divaksin atas kemauannya sendiri. Tidak dipaksa oleh siapapun. Ia datang ditemani ibunya.

“Saya ingin sehat, terutama dari serangan covid-19. Saat disuntik, gak terasa sakit kok. Biasa-biasa aja. Buktinya saya aman, gak pusing dan mual. Ayo! datangi tempat atau gerai terdekat untuk vaksin biar tubuh kita sehat dan aman dari serangan covid-19 yang membahayakan nyawa kita. Udah vaksin gratis, dapat sembako lagi” ungkapnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Kurnia (50 thn) ibu dari Virda Nur Kamaria, asal Desa Ragung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sanpang, yang kala itu mendampingi puterinya menjelaskan, Jika puterinya tersebut rencananya mau menjalani vaksinasi di Gerai Vaksinasi Presisi Polres Sampang Jalan Wijaya Kusuma Sampang, tapi puterinya kala itu ada di pondok.

“Jadi sekarang saya jemput kepondok untuk vaksin ke sini. Ini demi kebaikan dan kesehatan kita sendiri, keluarga serta kelompok masyarakat. Alhamdulillah keluarga saya sudah divaksin semua, termasuk anak-anak saya” ucapnya.

Diakhir, Duta Vaksin Polres Sampang
Bripka Fitri Artawati SH dari Polwan dan Atika (21 thn) Duta dari Puteri Batik 2020 asal Kecamatan Pengarengan yang saat ini kuliah di Unira Pamekasan sama-sama menyuarakan agar masyarakat untuk tidak takut divaksin, segera mendatangi tempat vaksinasi, dan mensosialisasikan tentang apa yang dirasakan selama divaksin dan mengajak yang lain untuk vaksin.

“Saatnya kita menjadi pioner dalam mempercepat terbentuknya herd immunity. Vaksinasi itu penting tubuh dan kesehatan kita. Saya harap, paska vaksinasi ini, peserta yang sudah divaksin bisa memberikan pengertian dan merubah mindset masyarakat yang terkadang ketakutan dan enggan untuk divaksin. Vaksin itu aman dan halal dan tidak mematikan” pungkasnya.

(MDS/YD)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan