https://limadetik.com/

Kekurangan Volume, ADK Dalpenang Sanksi Pengembalian

  • Bagikan
IMG 20200323 WA0020
Kegiatan Rabat Beton, Dana Kelurahan 2019

SAMPANG, Limadetik.com – Akibat kekurangan volume kegiatan alokasi dana kelurahan (ADK) bersumber APBN 2019 berupa rabat beton, di Kelurahan Dalpenang, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, disanksi pengembalian setelah diperiksa inspektorat Kabupaten Sampang.

Kegiatan rabat beton tersebut berada di depan sekolah SDN 3 Kelurahan Dalpenang, yang melintasi pekarangan rumah warga setempat. Meski warga sekitar yang mengusulkan kegiatan tersebut 2018, namun pada 2019 melalui dana Kelurahan dikerjakan kontraktual murni oleh pihak kontraktor.

https://limadetik.com/

Moh Sutrisno Lurah Dalpenang yang menjabat juga selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) dana kelurahan, ia menjelaskan kegiatan rabat beton yang melintasi rumah warga tersebut sudah melalui persetujuan warga, sementara karena kegiatannya kontraktual murni dilaksanakan CV Putra Bagus, bahkan dari hasil pemeriksaan inspektorat kegiatan tersebut kekurangan volume dan diberikan sanksi pengembalian Rp. 1.400.000, Senin (23/3/20).

“Saat ditanya tidak adanya papan nama kegiatan di lokasi rabat beton, Lurah Dalpenang membantah dulunya ada, mungkin karena kegiatan itu dilaksanakan bulan Agustus 2019 lalu, saat ini sudah tidak ada, Namun prinsipnya pihak kelurahan tetap menyarankan sesuai hasil pemeriksaan dari Inspektorat” terangnya.

Lanjut Lurah, pagu kegiatan rabat beton ini nilainya, Rp. 56 juta dengan volume 50 meter, sumber APBN 2019, dengan sanksi pengembalian pada pihak pelaksana Rp. 1.400.000.

Di tempat terpisah, Jamal salah satu tokoh setempat yang memiliki lahan kegiatan rabat beton tersebut, ia menjelaskan prinsipnya warga menyetujui lokasi kegiatan tersebut, bahkan saya 2018 yang mengusulkan kegiatan tersebut pada kelurahan, namun ternyata kegiatan itu kami tidak dilibatkan dan kontraktual murni.

“Kami sebagai warga sangat kecewa dengan kualitas rabat beton yang buruk belum satu tahun sudah banyak yang retal, bahkan kegiatan tersebut pada waktu itu dikerjakan hanya satu malam oleh pihak kontraktor, kami hanya berpesan kala itu pada pihak pelaksana untuk menjaga kualitas” harapnya. (Nor/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan