oleh

Keren.!! Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep Borong Juara pada Acara Lomba Petugas IB Se-Jawa Timur

SUMENEP, LimaDetik.Com – Kementrian Pertanian melalaui Dinas Peternakan Provinsi menggelar lomba Petugas Inseminasi Bantuan (IB) berprestasi se Jawa Timur tahun 2020.

Dalam lomba kali ini, Kabupaten Sumenep memborong kejuaraan dengan meraih Juara I dan Juara III Petugas IB berprestasi wilayah Introduksi tahun 2020.

Juara I diraih oleh Achmad Suryadi Petugas Inseminator wilayah Kecamatan Bluto dan Juara III diraih Achmad Fauzi dari Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep.

Untuk mempercepat populasi sapi dan kerbau. Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan juga melaksanakan program tersebut bertujuan untuk meningkatkan populasi dan prokduktifitas ternak.

Foto: Penghargaan juara 1 dan 3 lomba Petugas Inseminasi Bantuan dari Dinas Peterbakan Jawa Timur

Seperti disampaikan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep Arif Firmanto, S.TP., M.Si, bahwa Sumenep memiliki Petugas Inseminasi Buatan (IB) sebanyak 31 orang terbagi 9 wilayah Satuan Pelayanan Inseminasi Buatan (SPIB) daratan dan kepulauan.

“Semoga prestasi ini menjadi pemicu para Inseminator untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan bagi peternak agar populasi dan produktifitas ternak di Sumenep,” jelasnya, Kamis (10/12/2020).

Ia berharap, dengan program tersebut dapat meningkat sekaligus memberikan peningkatan pendapatan terhadap para peternak. “Tentunya melalui peogram Inseminasi Bantuan untuk peternakan di Sumenep kita harapkan akan semakin menambah populasi dan produktifitas ternak” tambahnya.

Bahkan, menurutnya, sampai saat ini Kabupaten Sumenep meluncurkan sebanyak 56.200 dosis dengan capaian akseptor sebanyak 47.209 ekor atau 98,35% dari target akseptor tahunan 48.000 ekor.

“Capaian ini tidak terlepas dari kinerja para petugas Inseminasi Bantuan (IB) di lapangan,” pungkasnya.

(yd/adv/red)

Komentar

Berita Terkini