Headline News

Pemadaman Listrik Secara Tiba-Tiba, Menyebabkan Sebagian Peralatan Medis RSUD Sampang Rusak

×

Pemadaman Listrik Secara Tiba-Tiba, Menyebabkan Sebagian Peralatan Medis RSUD Sampang Rusak

Sebarkan artikel ini
Pemadaman Listrik Secara Tiba-Tiba, Menyebabkan Sebagian Peralatan Medis RSUD Sampang Rusak

Pemadaman Listrik Secara Tiba-Tiba, Menyebabkan Sebagian Peralatan Medis RSUD Sampang Rusak

LIMADETIK.COM, SAMPANG – Kerap kali terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba di wilayah Sampang Madura

Hal tersebut memicu keresahan Masyarakat, khususnya pihak RSUD Mohammad Zyn Sampang.

Pasalnya, dampak sering terjadinya pemadaman secara tiba-tiba banyak peralatan kesehatan RSUD Sampang yang rusak akibat biarpet PLN, sehingga menyebabkan biaya pengeluaran tak terduga bertambah.

Direktur RSUD Dr Mohammad Zyn Sampang, dr. Agus Akhmadi mengatakan, seringnya terjadi pemadaman listrik yang rentan akan berakibat kerusakan pada alat-alat kesehatan rumah sakit nantinya.

Menurutnya, pemadaman listrik tiba-tiba mengakibatkan alat-alat elektronik, seperti komputer ngeblank yang menyebabkan hilangnya data-data administrasi RS.

“Kalau sering terjadi pemadaman, bisa saja berdampak pada alat-alat di ruang operasi, di ruang Intencive Care Unit (ICU), monitor jantung, ventilator, defibrillator, selang makanan, infus, dan lainnya, yang berhubungan dengan nyawa pasien,” tutur Dr. Agus, saat di temui oleh Awak Media, Rabu (12/7/2023).

Direktur RSUD Dr Mohammad Zyn Sampang dr. Agus Akhmadi berharap, dengan berkembangnya dan kemajuan daerah Kabupaten Sampang, kedepannya pihak Rayon PLN Sampang harus siap melayani, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan khususnya bagi masyarakat.

“Harus ada perhatian khusus untuk tempat-tempat seperti rumah sakit, puskesmas, dokter praktek, klinik kesehatan, bidan praktek, yang berhubungan dengan pelayanan utama bagi keselamatan nyawa manusia,” harapnya.

Selain itu Udi Prihanto bagian penunjang perlengkapan RSMZ menjelaskan, kami sudah persiapkan alat bantu listrik jika terjadi pemadaman secara tiba-tiba, hampir semua alat kesehatan di RSMZ sudah dilengkapi dengan UPS, tiga (3) mesin diesel, dan kami akan selalu kembangkan inovasi penunjang demi kenyamanan dan keselamatan nyawa pasien.

“Kami sudah kehilangan satu unit mesin diesel mas, karena rusak terbakar akibat seringnya mati lampu maupun pemadaman bergilir yang terjadi pada bulan-bulan kemarin, yang katanya sedang ada perbaikan maintenance dari pihak PLN,” ucap Udi Prihanto.

Terpisah saat dikonfirmasi oleh awak media melalui telepon WhatsApp Manajer ULP PLN Sampang Fahriza Arif Amrullah menjelaskan, bahwasanya jika terjadi padam listrik di area rumah sakit pasti akan kami prioritaskan, karena rumah sakit adalah objek vital yang harus diutamakan.

“Saya berjanji akan segera berkoordinasi dengan pihak RSUD, terutama dengan Dirut RSMZ Sampang, supaya kedepannya bisa bersinergi demi keamanan dan kenyamanan terhadap pelanggan,” singkatnya.

× How can I help you?