Scroll Untuk Membaca Artikel
Daerah

PPLN Budapest Ingatkan Prinsip Demokrasi

×

PPLN Budapest Ingatkan Prinsip Demokrasi

Sebarkan artikel ini
PPLN Budapest Ingatkan Prinsip Demokrasi
FOTO: Suasana PPLN saat melakukan sosialisasi Pemilu

PPLN Budapest Ingatkan Prinsip Demokrasi

LIMADETIK.COM, BUDAPEST – Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Budapest menekankan, pentingnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk mewujudkan prinsip demokrasi yang berlandaskan kedaulatan rakyat.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Hal itu disampaikan dalam sosialisasi Pemilu, yang diselenggarakan di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia Budapest, Rabu (28/06/2023) kemarin.

Ketua PPLN Budapest Agung Wicaksono menjelaskan, melalui Pemilu mampu memberikan legitimasi politik pemerintahan, bagi pasangan calon eksekutif maupun legislatif, yang dalam pesta demokrasi tersebut. Maka, tata cara pelaksanaannya harus dilakukan secara baik dan tepat.

Untuk itu, menurutnya para calon pemilih, termasuk Warga Negara Indonesia (WNI) dari berbagai kalangan yang berada di Hongaria, perlu untuk memahami informasi penting dan tata cara dalam melaksanakan Pemilu 2024.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga menerangkan sejumlah poin penting yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2024, termasuk timeline pemilu, Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN), dan gambaran umum tentang tata cara pelaksanaan pemilu di Hongaria.

“Pemilu memiliki peran penting dalam memberikan legitimasi politik kepada pemerintahan dan para pemimpin yang terpilih, baik dalam eksekutif maupun legislatif,” jelasnya.

Demi mewujudkan kedaulatan rakyat tersebut, maka PPLN Budapest berkomitmen akan bekerja keras dalam meningkatkan kesadaran WNI di Hongaria, untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024. Serta memastikan, bahwa pelaksanannya dilakukan secara transparan, adil, dan akuntabel.

“Melalui sosialisasi yang dilakukan dalam momentum Idul Adha ini, diharapkan semakin banyak WNI yang aktif terlibat dalam Pemilu 2024,” katanya.

Agung, yang juga sedang menempuh studi doktoral di bidang Ilmu Politik di Corvinus University of Budapest, menekankan bahwa

Kegiatan yang merupakan kolaborasi antara PPLN Budapest dan KBRI Budapest tersebut, mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan WNI di Hongaria.

Salah satunya, seperti yang disampaikan oleh seorang Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Arif Singapurwoko, dirinya menilai sosialisasi tentang pemilu 2024 memang sangat penting untuk dilakukan, karena dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi WNI di Hongaria pada pesta demokrasi tersebut.

“Kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran dan partisipasi WNI di Hongaria terhadap pentingnya Pemilu 2024,” ujar pria yang sedang menempuh studi doktoral di University of Pecs tersebut.

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh seorang WNI yang bekerja di Hongaria Agra Adipta. Menurutnya, melalui kegiatan tersebut, dirinya mendapatkan banyak pengetahuan tambahan mengenai aspek-aspek penting dalam pemilu 2024 di Hongaria.

Salah satunya, kata Agra adalah pemilihan di luar negeri hanya menyediakan dua surat suara, yaitu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta DPR-RI Daerah Pemilihan DKI Jakarta II.

“Yang sebelumnya tidak tahu, menjadi tahu dan paham,” tandasnya.

× How can I help you?