Sembilan Tahun Menghilang, Buronan Korupsi P2SEM Berhasil Dibekuk Petugas Keaman di Malaysia

SURABAYA, Limadetik.com – Setelah menghilang selama sembilan tahun Dokter Bagoes Soetjipto, buronan sekaligus terpidana kasus korupsi dana Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) akhirnya berhasil diamankan oleh petugas di Malaysia.

Sesuai rencana dokter Bagoes akan dibawa ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim untuk segera di jebloskan kerumah tahanan medaeng Waru surabaya jawa timur.

Menurut keterangan Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) kejati jawa timur Ricahrd Marpaung, bahwa dokter Bagoes akan di bawa ke Kejati Jatim untuk dilakukan eksekusi terhadap putusan pengadilan.

“ Nanti tersangka akan dibawa kesini (Kejati Jatim) untuk kita eksekusi, tapi masih belum tau jam berapa nanti sampai sini,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (29/11/2017) sore.

Dari informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, dokter Bagoes akan di bawa dari Jakarta menuju Surabaya pukul 15.00 WIB dengan menggunakan maskapai penerbangan Batik Air. Sekitar dua jam perjalanan udara, diperkirakan dokter Bagoes sampai di kantor Kejati Jatim sekitar pukul 17.00 WIB

“ Sampai di Surabaya, kemudian dibawa ke Kejati Jatim, terus ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo untuk dieksekusi dan ditahan di Lapas Klas I Surabaya (Lapas Porong),” kata sumber internal Kejati Jatim.

Untuk diketahui, pemulangan dokter Bagoes Soetjipto ke tanah air dilakukan via ferry Johor Baharu-Batam dan melalui pelabuhan Batam Centre.

Dokter Bagoes tampak digiring tim Kejaksaan Agung (Kejagung) saat keluar dari pintu Imigrasi pelabuhan sampai ke mobil, kemudian menuju ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam yang berlokasi tidak begitu jauh dari Pelabuhan Batam Center.

Terpidana dalam kasus dugaan korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Provinsi Jawa Timur tahun 2008 yang telah ini divonis masing-masing tujuh tahun penjara dan denda Rp 200 juta oleh empat Pengadilan Negeri di Jawa Timur, yaitu di Ponorogo, Sidoarjo, Surabaya, dan Jombang.

Dokter Bagoes memegang peran penting dalam kasus korupsi P2SEM. Perannya berkaitan dengan pengusutan korupsi P2SEM di Surabaya, Sidoarjo, dan Jombang.

Akibat dari perbuatan nya Negara telah dirugikan Rp 1,5 miliar dari total anggaran 2 miliar yang berasal dari Bapemas Jatim, yang saat itu dia menjadi operator penyalahgunaan dana P2SEM di sejumlah kampus di jawa timur (yd)

 

by : bl

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here