https://limadetik.com/

Tak Kenal Lelah dan Libur, Tim Gugus Tugas Covid-19 Sampang Gelar Vaksinasi lanjutan

  • Bagikan
Tak Kenal Lelah dan Libur, Tim Gugus Tugas Covid-19 Sampang Gelar Vaksinasi lanjutan
FOTO: Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat memantau pelaksanaan giat vaksinasi lanjutan di Pos kesehatan Kodim 0828 Sampang

SAMPANG, LimaDetik.Com – Masifnya Sebaran Corona Virus Desease (Covid)-19 di beberapa daerah beberapa bulan ini, membuat beberapa daerah melakukan beberapa langkah dan inisiasi guna mencegah sebaran virus yang makin mengganas.

Seperti apa yang dilakukan oleh Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Sampang, Madura, Jawa timur dengan melaksanakan vaksinasi Covid-19 hari ini. Inisiasi tersebut muncul dari Dandim 0828 Sampang guna melakukan giat lanjutan vaksinasi dibeberapa titik sasaran.

https://limadetik.com/

Bertempat di Pos Kesehatan Kodim 0828 Sampang, Program vaksinasi lanjutan dilaksanakan pada Minggu (20/06/2021) dengan melibatkan semua unsur. Baik dari Kodim 0828 Sampang, Pores Sampang, Dinkes Sampang, Kecamatan Sampang, Satpol PP Sampang. Giat tersebut dihadiri langsung Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat.

Diwawancara dilokasi vaksinasi, Dandim 0828 Sampang Letkol Arm Mulya Yaser mengatakan, Giat tersebut adalah bagian dari continuity (kelanjutan) dari Giat vaksinasi skala besar yang dilakukan kemarin saat dipantau langsung oleh Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa beserta Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto dan Kapolda Jawa timur Irjen Pol Nico Afinta beserta Tim Gugus Tugas Jawa Timur.

“Ini berkelanjutan dan ini bagian dari continuity. Kita sebagai aparat ke wilayahan, menindak lanjuti apa yang sudah diperintahkan Bapak Pangdam V/Brawijaya, Ibu Gubernur Jawa timur, Bapak Kapolda Jawa timur, ini adalah untuk membentuk Healt Immunity tadi” ujarnya. Minggu (20/06/2021).

Mulya Yaser menambahkan, sasaran giat tersebut adalah memprioritaskan bagi masyarakat yang belum sama sekali, tetapi tetap menjadi top priority itu Lansia (Lanjut Usia). Dan giat tersebut merupakan bentuk sinergitas lintas sektor.

Pihaknya hanya membantu Dinkes Sampang di dalam melanjutkan program continuity vaksin di seluruh kecamatan terutama di 22 puskesmas yang ada di Sampang.

“Dan dari Dinkes sendiri, itu tidak ada hari libur untuk memvaksinasi. Di buka di 22 Puskesmas di Kabupaten Sampang dan itu berlaku untuk setiap hari untuk melaksanakan vaksin. Saya berharap, lewat giat ini masyarakat semakin baik dan semakin adaptatif terhadap perkemabangan ini. Ayo kita vaksin dan vaksin !” ajaknya sembari mengepalkan tangan tanda semangat.

Hal ini dilakukan untuk membentuk Health Immunity (kekebalan kelompok). Program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah agar terealisasi secara nyata dan mewujudkan Kabupaten Sampang Hebat Bermartabat.

Disinggung terkait pemberian sembako kepada masyarakat yang sudah tervaksin, Mulya yaser menjelaskan, Pemberian sembako hanya sebagai bentuk peran aktif semua lini yaitu Kodim 0828 Sampang, Pemkab Sampang dan Polres Sampang dalam pemberantasan Covid-19 di Sampang.

Tak Kenal Lelah dan Libur, Tim Gugus Tugas Covid-19 Sampang Gelar Vaksinasi lanjutan
FOTO: Masyarakat yang sudah tervaksin ketika menerima bantuan sembako

“Intinya stakeholder yang ada memberikan kesejejahteraan pada masyarakat. Akan tetapi ini bukan harga mati. Yang kita butuhkan dari masyarakat adalah kesadaran dari diri sendiri, dia mau hidup sehat apa tidak ? Kalau mau, ya mari divaksin” ucapnya.

Ditempat yang sama, Plt. Dinas Kesehatan Sampang Agus Mulyadi menyampaikan, pihaknya berharap agar program vaksinasi ini semakin meningkat pencapainnya.

“Kita buka diberbagai tempat, tidak hanya dipuskesmas tapi juga di fasilitas kesehatan yang lain. Termasuk Pos Kesehatan Kodim oni, Polres juga, untuk membuka peluang kepada masyarakat untuk melakukan vaksin. Sasaran kegiatan pada hari ini adalah untuk Lansia dan Lansia lebih dari 50 tahun kemudian pendamping” jelasnya.

Sementara itu, Moh. Gilang Prasaja, warga asal jalan Wijaya Kusuma Sampang ketika dikonfirmasi mengatakan, dirinya mengikuti vaksinasi ini atas inisiasi sendiri karena ingin sehat.

“Saya hanya mengikuti anjuran pemerintah saja. Mengikuti vaksinasi untuk mendukung pemerintah dengan memberantas Covid-19 hingga selesai. Semoga dengan adanya vaksinasi ini, semua masyarakat utamanya yang ada di Kabupaten Sampang ini terhindar dan tidak ada lagi Covid-19” pungkasnya.

Perlu diketahui, berdasar data di lokasi, sudah ada 220 orang yang sudah tervaksin. Hal ini melebihi dari apa yang sudah ditargetkan, yaitu 200 orang.

(MDS/YD)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan