Usai Dilantik, FBKK Jatim Kenalkan Dudika

Usai Dilantik, FBKK Jatim Kenalkan Dudika
FOTO: Perwakilan Dudika, sampaikan kesempatan kerjasama FBKK

LIMADETIK.COM, MALANG – Usai dilantik, Forum Bursa Kerja Khusus Jawa Timur (FBKK Jatim), kenalkan Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) Kepada ketua FBKK tingkat Kabupaten.

Kegiatan ini, merupakan rangkaian pelantikan pengurus FBKK Jatim, sejak, tanggal 23 sampai 24 Desember 2022, di Hotel Purnama Batu, di ikuti 60 ketua FBKK Kabupaten/kota.

Menurut ketua FBKK Jatim, Siti Maimuna, keberadaan SMK tidak terlepas dengan Dudika perihal serapan alumni.

“SMK ibaratkan rumah kecil dari perusahaan, maka menjadi penting SMK kenal dengan Dudika, agar para alumninya dapat tersepat,” katanya.

Baca Juga :   Ternyata SMP Binar Ada Hubungan Ini Dengan DK Batik

Upaya ini, Kata Sitti Maimuna, perlu disambut baik, oleh BKK SMK, untuk menindaklanjuti, teknis kerjasama.

Pihaknya berharap, BKK harus dioptimalkan, guna menemukan lapangan pekerjaan untuk calon alumni, di SMK masing masing.

“FBKK ini, bisa diibaratkan dengan PLT (petugas lillahi ta’ala), murni untuk kepentingan alumni SMK, adapun Dudika yang sudah kami kenalkan, tinggal ditindaklanjuti oleh BKK SMK masing masing,” jelasnya.

Sementara, ketua forum HRD Jatim, Joko Kurniawan, menilai, pelantikan dan Rapat kerja (Raker) FBKK Jatim, merupakan harapan baru untuk menjawab kebutuhan industri.

“FBKK ini sebuah harapan baru, untuk menjawab problem mismatch (ketidakcocokan), antara dunia pendidikan dengan industri. Dengan program nantinya, bisa saling mendekatkan antara dunia pendidikan dengan Dudika,” ungkap Joko Kurniawan.

Baca Juga :   Diskusi Daring INDES Tentang Upaya Pemulihan Ekonomi di Tengah Resesi

Untuk FBKK yang ada di wilayah Kabupaten, Joko Kurniawan berpesan, agar tetap solid, karena tidak semua BKK dekat dengan wilayah industri.

“Kami berharap, FBKK tetap solid, karena BKK SMK bisa mendekatkan industri bagi Siswa, yang akan melanjutkan kedunia kerja, jadi harus kreatif dan selalu berinovasi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pengurus FBKK Jatim periode 2022- 2025, telah dilantik secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT. Pada Jum’at 23 Desember 2022 malam.

Baca Juga :   Bentuk Sinergitas, Koarmada II Terima Ucapan Selamat dari Jajaran Polda Jatim

Tinggalkan Balasan