https://limadetik.com/

Wabup Pamekasan Panen dan Tebar Ikan Kerapu Cantang di Lembung Galis, Berharap diikuti Warga Sekitar

  • Bagikan
Wabup Pamekasan Panen dan Tebar Ikan Kerapu Cantang di Lembung Galis, Berharap diikuti Warga Sekitar
FOTO: Wabup RB Fattah Jasin saat tabur benih ikan kerapu cantang

PAMEKASAN, Limadetik.com – Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan, RB Fattah Jasin, melakukan panen tahap kedua ikan kerapu cantang di lahan tambak milik H. Fathor Rahem, Dusun Bungkaleng, Desa Lembung, Kecamatan Galis,Selasa (14/06/22).

Panen tahap kedua ini merupakan hasil binaan dari Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Sitobondo.

https://limadetik.com/

Kerapu Cantang merupakan ikan yang didapatkan dari hasil persilangan secara rekayasa dari 2 spesies ikan kerapu yaitu ikan kerapu macan sebagai induk betina dan ikan kerapu kertang sebagai induk jantan. Dan panen dilakukan setelah penaburan benih selama tiga bulan.

Wabup Fattah Jasin mengatakan, budidaya ikan krapu cantang di Pamekasan merupakan salah satu percontohan di pulau Madura dengan memanfaatkan tambak garam dan menggunakan media air laut.

“Dan alhamdulillah, dari Kementerian DKP mensupport ternyata Pamekasan adalah salah satu contoh yang baru dibuat dan satu-satunya di Madura yang menggunakan media tambak sebagai budidaya dengan jenis ikan krapu cantang,” katanya.

Mantan Kadishub Pemprov Jatim ini berharap budidaya ikan kerapu cantang dapat meningkatkan sumber penghasilan bagi warga Kabupaten Pamekasan sesuai dengan cita-cita bupati mengangkat perekonomian masyarakat dari bawah.

Pria yang juga pernah menjabat Penjabat Bupati Pamekasan ini berharap, budidaya ikan kerapu cantang di Dusun Bungkaleng, Desa Lembung dapat diikuti oleh masyarakat sekitar dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan perekonomian.

Setelah melakukan panen secara simbolis, wabup kemudian menebar benih ikan kerapu yang tak jauh dari lokasi pertama untuk memastikan keberlangsungan budidaya ikan kerapu di wilayah tersebut.

“Dengan adanya panen tadi, bukan akhir dari segala-galanya untuk sebuah misi mengembangkan kerapu, tapi justru untuk memulai mendukung program bapak bupati,” ujar Wabup Fattah Jasin.

“Dengan budidaya ini kita harus membuat kekuatan besar melalui pengembangan kelompok-kelompok. Karena BPBAP pertama kali di Madura memberikan bantuan ikan kerapu, maka Kabupaten Pamekasan ini layak menjadi kabupaten kerapu,” sambung Wabup.

“Semoga sukses, dan ekonomi masyarakat tumbuh. Mari kita bersama-sama mewujudkan Pamekasan Hebat sesuai dengan keinginan bapak bupati,” pungkasnya.

Diketahui, saat ini, di kabupaten Pamekasan sudah ada 5 kelompok pembudidaya ikan kerapu cantang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan