Demi Belajar Pancasila, Warga Masalembu Sumenep Harus Menempuh Perjalanan Laut 16 Jam

SUMENEP, Limadetik.com – Sejumlah warga Desa Masalima, Kecamatan/Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur punya kepedulian yang tinggi tentang pentingnya belajar dan mengamalkan ideologi pancasila.

Pasalnya, untuk mendapatkan pengetahuan tersebut, mereka harus melalui perjalanan laut selama 16 jam dari Pulau Masalembu – Surabya. Mereka ikut pelatihan yang digelar di salah satu hotel di Sumekar.

“Dalam hal ini kami ingin menyampaikan bahwa menjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan mengamalkannya menjadi kewajiban semua pihak. Tidak terkecuali masyarakat yang tinggal di wilayah kepulauan, seperti Masalembu,” kata politisi asal Pulau Masalembu, Darul Hasyim Fath, Rabu (26/12/2017).

Politisi PDI P tersebut melanjutkan,  selama ini warga kepulauan dikenal jauh dari kekuasaan dan juga informasi.

“Maka dari itu, melalui perjalanan selama 16 jam, mereka berdiskusi untuk mendalami pentingnya pengetahui pancasila dan menjaga keutuhan NKRI,” tegasnya.

Kabupaten Sumenep terdiri dari 126 Pulau dan 27 Kecamatan. Dari 27 Kecamatan, 9 kecamatan berada di wilayah kepulauan, seperti Masalembu dan juga Kangean. (hoki/rud)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here