https://limadetik.com/

6 Bulan Tim Vaksinator Covid-19 Tak Terima Honor.

  • Bagikan
6 Bulan Tim Vaksinator Covid-19 Tak Terima Honor
FOTO: Petugas vaksinator saat menyuntikkan vaksin kepada masyarakat

SAMPANG, Limadetik.com – Tim Vaksinator Corona Virus Desease (Covid)-19 Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, yang tersebar di beberapa Fasilitas Kesehatan (Faskes) dalam kurun waktu 6 bulan terhitung sejak bulan Januari hingga Juni 2021 tidak mendapatkan honor selama program vaksinasi berjalan.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Sampang Agus Mulyadi, hal tersebut karena terkendala Petunjuk Teknis (Juknis) yang sekarang sedang dalam proses penyusunan.

https://limadetik.com/

Pihaknya mengaku kebingungan dengan mekanisme penyaluran honor tersebut walaupun anggarannya sudah ada. Hal itu disebabkan karena belum ada Juknis dari Pemerintah Pusat terkaiit pemberian honor kepada Tim vaksinator.

“Kebetulan saja secara aturan, pemberian honor ini terbilang baru, diluar insentif. Jadi masih menunggu dibuatkan Juknis” jelasnya pada Jum’at (23/7/2021).

Dikatakannya, jumlah Tim tenaga vaksinator se Kabupaten Sampang sebanyak 75 kelompok yang tersebar di beberapa Faskes. Masing-masing Faskes memiliki 3 hingga 4 Tim vaksinator.

Rencananya, honor yang akan diberikan sebesar Rp. 5 ribu. Jika 1 Tim vaksinotor sudah melakukan vaksinasi terhadap 100 sasaran, maka honor yang akan diterima sebesar Rp. 500 ribu. Jika dalam 1 Tim ada 5 orang, berarti tiap orang mendapatkan 100 ribu.

“Kita sudah siapkan semuanya. Kita sudah proses, hanya menunggu SPJ dari Puskesmas. Dan kebetulan saja dana refocusing baru disahkan beberapa minggu yang lalu. Kita tidak diam, kita bergerak cepat agar hak Tim Vaksinator bisa cair” jelasnya.

Agus mengapresiasi kinerja Tim vaksinator, yang tak kenal libur dan lelah dalam memberikan layanan vaksinasi kepada masyarakat. Baik yang bersifat stasioner maupun yang mobile.

“Kita perjuangkan hak mereka. Dan itu salah satu kewajiban pemerintah untuk memfasilitasi. Mudah-mudahan, honor mereka segera kita cairkan. Kita juga tidak mau teman-teman yang sudah bekerja dibawah tidak menerima haknya. Semoga dengan cairnya honor tersebut dapat menambah spirit bagi mereka” pungkasnya.

(MDS/LS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan