https://limadetik.com/

BPBD Jatim Bentengi Siswa Dengan SPAB

Penulis: FajrulEditor: Wahyu
  • Bagikan
BPBD Jatim Bentengi Siswa Dengan SPAB
FOTO: BPBD Jatim Saat Mengenalkan Pembebatan dan pembidaian, serta Pembuatan tandu

LIMADETIK.COM, Sumenep – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Jatim, kenalkan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB)  kepada Siswa SMKN 1 Sumenep. Senin (8/8/2022).

SPAB tersebut, akan dilaksanakam selama 2 hari, dimulai tanggal 8 s/d 9 Agustus 2022. Diantaranya, ada penjelasa materi dan simulasi aman bencana, sebagai akhir acara SPAB.

https://limadetik.com/

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jawa Timur, Andhika Nurrahmad, kegiatan yang melibatkan Siswa, Guru dan Komite Sekolah, merupakan bagian dari mitigasi bencana.

“Salah satu tugas mitigasi bencana yaitu, mitigasi non struktural, dengan memberikan edukasi aman bencana kepada Siswa, seperti yang kami lakukan hari ini,” katanya.

Sedangkan tujuan SPAB ini, merupakan pendidikan awal, terkait penanggulangan bencana, kepada Siswa di SMKN 1 Sumenep.

“Karena penanggulangan bencana ini harus kita mulai, dari atas kebawah. Tidak bisa langsung dari atas kebawah. Jadi kita menginginkan sebanyak mungkin, Masyarakat tau tentang penanggulangan bencana, seperti giat saat ini,” jelasnya.

Sementara, Kepala SMKN 1 Sumenep, H. Zainul Sahari, menyambut baik kegiatan SPAB, yang ditempatkan di SMKN 1 Sumenep.

Menurutnya, SPAB tersebut, akan memiliki dampak besar kepada Siswa dan Guru, karena Siswa dan Guru SMKN 1 Sumenep, sebagian ada yang  berdekatan dengan pinggir pantai dan ada juga dari kepulauan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kepala BPBD Jatim dan Kalaksa BPBD Sumenep, karena telah melibatkan Sekolah kami, sebagai sasaran pelaksanaan SPAB. Tentu kegiatan ini akan berdampak besar, karena tidak hanya memberikan materi, melainkan ada simulasinya, yang akan dilaksanakan besok,” demikian kata H. Zainul Sahari.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan