BATURAJA, Limadetik.com –  Pemerintah Desa Kesambirata Kecamatan Pengandonan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memberikan prioritas di bidang kesehatan dan sanitasi melalui program pembangunan dan pembuatan jambanisasi untuk warga kurang mampu.

Kades Kesambirata Kadrun pada awak media mengatakan, Ada 40 unit Jamban Sehat yang baru saja selesai bangun. Hal ini tentunya sejalan dengan program pemerintah pusat untuk membenahi permasalahan di bidang kesehatan dan sanitasi, menjaga lingkungan bersih dan sehat.

“Pembuatan Jamban Sehat ini, di danai oleh dana desa yang bersumber dari APBN yang dikerjakan masyarakat desa Kesambirata dengan cara Swakelola dan sudah ada 40 unit yang selesai,” Ungkap Kadrun pada Senin, (22/1/2018).

Menurutnya, rencananya dalam waktu dekat bila dana bantuan keuangan sudah dicairkan, kita akan menambah lagi pembuatan jamban sehat. sehingga bisa mengurangi dampak yang timbul akibat sanitasi lingkungan yang buruk di Desa Kesambirata.

“Targetnya kita kedepan Desa Kesambirata akan terwujud Desa ODF (Open Defecation free) atau bebas buang air besar sembarangan,” Ucapnya.

Diapun menambahkan, pada beberapa waktu lalu kita telah mendapat juara 1 berupa piagam penghargaan mengenai Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan, dari Dinas Kesehatan Kabupaten OKU. Dengan diraihnya piagam tersebut akan menjadi memotivasi untuk terus menjaga lungkungan bersih dan sehat.

“Kita berharap masyarakat desa tidak lagi BAB di sungai Ogan karena sudah ada jamban yang kita bangun,” Harapnya.

Selain untuk bidang kesehatan dan sanitasi, Lanjut Kadrun, pemerintah Desa Kesambirata juga melaksanakan program Pembangunan Infrastruktur dan Program pemberdayaan masyarakat. Seperti pelatihan-pelatihan bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Desa Kesambirata sehingga nantinya akan kreatif dan dapat diberdayakan.(fikri/yd).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here