Scroll Untuk Membaca Artikel
Daerah

Keren, Berikut Capaian Kinerja Kejaksaan Negeri Sumenep Selama Tahun 2023

×

Keren, Berikut Capaian Kinerja Kejaksaan Negeri Sumenep Selama Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Keren, Berikut Capaian Kinerja Kejaksaan Negeri Sumenep Selama Tahun 2023
Kajari Sumenep Trimo, SH.MH didampingi keluarga dan para Kasi di acara HUT Adhyaksa tahun 2023

Keren, Berikut Capaian Kinerja Kejaksaan Negeri Sumenep Selama Tahun 2023

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep dari hari ke hari terus melakukan inovasi dan pelayanan hukum yang berkeadilan, hingga akhirnya merubah wajah korps Adhyaksa di Sumenep itu menjadi lebih berwibawa dan dicintai masyarakat.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Bukan tanpa alasan, selama tahun 2023 sejumlah capaian yang luar biasa oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep dan patut untuk diapresiasi sebagai bentuk wajah hukum yang benar-benar mewakili hati nurani masyarakat.

Berikut capaian kinerja masing-masing bidang atau bagian seksi di Kejari Sumenep selama 2023 :

A. Kasi Pidana Khusus (Pidsus)
Selama kurun waktu 1 tahun yakni 2023, Seksi Pidana Khusus banyak berhasil melakukan penyilidikan dan penyidikan serta penuntutan. Kasi dibawah pimpinan Dony Suryahadi Kusuma, SH.MH ini sudah menyelsaiankan sejumlah perkara korupsi.

Dalam penyilidikan yang dilakukan sebanyak 2 perkara, dan penyidikan 10 perkara, lalu penuntutan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi sebanyak 10 perkara kasus korupsi.

“Kasus pidana khusus yang sudah dilbawa ke persidangan di PN Tipikor Surabaya sebanyak 10 perkara, lalu 8 perkara sudah inkrah, satu kasasi, satunya upaya hukum” kata Kajari Sumenep, Trimo, SH.MH, Kamis (11/1/2024).

Selain itu, tindak pidana khusus Kejari Sumenep, sudah banyak melakukan dalam capaian penyelesaian kasus korupsi, serta capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang terdiri dari denda tilang dan biaya tilang serta tipiring sebesar Rp 716.412.959 sedang untuk Rp. 708.000.000 merupakan target pembinaan.

“Total yang disetorkan ke Negara sebesar Rp 1,5 miliar. Sedang untuk penyelamatan kita sudah lakukan sebesar Rp 2 miliar 608 sekian juta (masih dititipkan) termasuk juga kapal tongkang yang masih dilalukan apraisal atau taksiran harga oleh pihak ahli. Untuk target kita sudah lebih 8 juta sekian” ungkap Kajari.

Yang lebih membaggakan lagi, bidang Pidsus Kejari Sumenep pada tahun 2023 telah mendapatkan penghargaan peringkat satu se Jawa Timur dari Kajati Jatim dalam hal penyerapan anggaran kegiatan.

“Iya, saat Raker bersama Kajati di Batu, Pidsus mendapatkan juara 1 Kejaksaan tipe B dalam bidang penyerapan anggaran dengan sangat baik. Terus ada Pidana Umum yang mendapatkan juara 3 dalam penyelesaian perkara restorarive justice sebanyak 11 perkara” terangnya.

B. Kasi Datun
Selama tahun 2023, seksi Data dan Tata Usaha Negara (Datun) dibawah tanggung jawab Slamet Pujiono, SH sebagai Kasi Datun telah banyak membangun kerjasama bidang perdata dan penyelesaian hal lainnya.

“Selama 2023, Datun sudah melakukan MoU sebanyak 7, kemudian kita ada pendampingan pembangunan sebanyak 5 yang ada di lingkungan Pemerintah dan 1 lagi di UPT Syahbandar di pulau Keramaian Kecamatan Masalembu. Terus pertimbangan hukum ada 2 yang sudah kita bantu atau kita lakukan” kata Kasi Datun Kejari Sumenep, Slamet Pujiono, SH.

C. Kasi Intel
Selain Pidsus dan Datun, Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Sumenep juga tidak kalah dalam capaian, setidaknya Kasi yang dipimpin Moch. Indra Subrata, SH.MH ini sudah banyak melakukan kegiatan, diantaranya, Jaksa menyapa yang senantiasa memberikan pencerahan hukum terhadap masyarakat, kemudian ada juga Jaksa Jaga Desa dan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) selama tahun 2023.

“Tahun 2023 kita sudah kita lakukan Penyilidikan 2 perkara dan Alhamdulillah semua naik ke Pidsus, kemudian pamdal ada 3, Penkum 8, Jaksa menyapa ada 2, lalu jaksa masuk sekolah 6 tempat, pakem 1 posko pemilu juga 1, pengurusan aset 1, pps 1 yang pembangunan gedung DPR. Lalu posko bandara 1 dan program jaga desa ada 2, terakhir cekal atau pencekalan tersangka untuk tidak kabur keluar” ujarnya.

× How can I help you?