Militan ISIS Serang Palmyra, 30 Tentara Suriah Tewas

DAMASKUS, Limadetik.com – Setidaknya 30 tentara Suriah dan milisi yang didukung Iran tewas saat militan ISIS menyerang pos militer dekat Palmyra di Suriah timur. Sebuah monitor perang dan penduduk dari daerah itu mengatakan militan menggunakan bom bunuh diri dan kendaraan lapis baja dalam serangan dekat bendungan tenggara kota Romawi kuno itu.

Serangan terjadi sehari setelah pasukan pemerintah mengusir militan ISIS dari daerah kantong terakhir mereka di Damaskus selatan setelah berpekan-pekan melakukan pemboman tanpa henti. ISIS telah dua kali merebut Palmyra selama perang saudara Suriah dan menghancurkan artefak yang tak ternilai harganya.

Seorang mantan penduduk dari desa Homs timur dekat Palmyra mengatakan militan itu datang dari tempat persembunyian di hamparan padang pasir yang sangat luas yang pernah mereka kendalikan.

Dalam beberapa bulan terakhir, gerilyawan telah meningkatkan serangan di daerah yang menyulitkan tentara. Mereka mengandalkan penyergapan untuk mengisi senjata dan peralatan mereka.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan sedikitnya 26 orang yang bertempur di pihak pemerintah Suriah tewas. Termasuk 17 orang non-Suriah, di antara mereka orang Iran.

Situs media sosial pro-pemerintah memberikan daftar 16 perwira dan tentara yang terbunuh atau terluka.

ISIS, yang didorong dari sebagian besar lembah Sungai Efrat tahun lalu, sekarang hanya mengendalikan dua daerah gurun yang terkepung di Suriah timur. Kelompok ini juga mengendalikan sepertiga wilayah Irak pada 2014. Tetapi sebagian besar dikalahkan tahun lalu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here