Scroll Untuk Membaca Artikel
Daerah

MUI Kota Jakarta Pusat Gelar Halal Bihalal

×

MUI Kota Jakarta Pusat Gelar Halal Bihalal

Sebarkan artikel ini
MUI Kota Jakarta Pusat Gelar Halal Bihalal

MUI Kota Jakarta Pusat Gelar Halal Bihalal

LIMADETIK.COM, JAKARTA – MUI Kota Jakarta Pusat bersama MUI dan DMI Kecamatan Cempaka Putih mengadakan Halal Bihalal. Acara diadakan di Masjid Jami’ Al-Muttaqin Cempaka Putih Kota Jakarta Pusat, Minggu (19/5/2024).

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Acara tersebut dihadiri Wakil Ketua Umum MUI Provinsi DKI Jakarta KH Yusuf Aman, Penasehat MUI Kota Jakarta Pusat KH Ibrahim Karim, KH Umar Fauzan, dan KH Nur Aulia, KH Soleh Asri, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Ahmad Jauhandi, Camat Cempaka Putih, Danramil Cempaka Putih, Penceramah KH Ali Syibro Malisi dan Pengurus MUI dan DMI Kecamatan Se-Jakarta Pusat.

Ketua MUI Kota Jakarta Pusat KH Robi Fadil dalam sambutannya menjelaskan Halal Bi Halal ialah budaya dan tradisi yang hanya ada di Indonesia.

“Halal Bi Halal ini tradisi yang hampir semua lembaga keagamaan dan pemerintahan mengadakan. Termasuk MUI Kota Jakarta Pusat, baru bisa mengadakan Halal Bi Halal ini di Bulan Dzulqo’dah. Karena hampir tiap sabtu minggu selama bulan syawwal semua lembaga mengadakan kegiatan saling maaf memaafkan tersebut,”jelasnya.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama Jakarta Pusat ini berharap Pengurus MUI harus menjadi pengayom dan pembimbing umat.

“Saya berharap pengurus baik yang ada di tingkat kecamatan hingga tingkat Kota Jakarta Pusat bisa menjadi garda terdepan dalam membimbing dan mengayomi umat, terlebih beberapa bulan kedepan ada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah, ulama wajib hadir sebagai pemberi ketenangan dan kedamaian, sehingga tidak ada lagi kerenggangan karena beda pilihan,” harapnya.

Selanjutnya penceramah KH Ali Syibro Malisi menjelaskan ulama harus selalu hadir di Tengah-tengah umat. “Daratan Jakarta hari ini hampir setara dengan laut, klo kita tidak banyak bertakwa dan mendekatkan diri kepada Allah, lambat laun Jakarta akan ditenggelamkan air laut. Tapi alhamdulillah kondisi Jakarta masih aman, tahrim sebelum adzan subuh hampir tiap masjid di Jakarta ada, ini menandakan masih ada yang mengajak kepada mengingat Allah,” jelasnya.

KH Ali Syibro Malisi mengajak para ulama yang hadir untuk selalu mendoakan umat dan wilayahnya. “Insyaallah semakin banyak ulama beroda untuk umat dan wilayahnya, tetangga di sekeliling kita dijauhkan dari bahaya, musibah, dan hal-hal negatif lainnya. Serta wilayah Jakarta khususnya diberi aman dan selamat,”ajaknya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kantor Walikota Jakarta Pusat Ahmad Jauhandi dalam sambutannya mengatakan Halal Bi Halal bentuk Silaturahmi ulama dan umara.

“Kegiatan silaturahmi bisa dikemas dalam acara apa pun. Hal terpenting ialah peran MUI dalam mengawal persatuan umat, serta menjadi panutan dan pembimbing spiritual untuk menyatukan hati dan pikiran umat. Serta harmonisnya hubungan ulama dan umara,”katanya.

× How can I help you?