SUMENEP, limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur resmi melepas ratusan Jamaah Calon Haji (JCH), Minggu (7/7/2019) pagi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep, Edy Rasiady dalam acara pelepasan mengingatkan agar JCH menjaga kekompakan selama melaksanakan Rukun Islam yang kelima. Misalnya, ada salah satu JCH yang sakit, maka diharapkan untuk bantu proses perawatannya.

“Kalau misal ada jamaah haji yang mengalami kesulitan, tolong dibantu. Jaga kekompakan sesama jamaah haji,” katanya.

Di samping itu, mantan Kepala Dinas PU Bina Marga tidak lupa mendoakan agar mereka menjadi haji yang ‘mambrur’. Dan juga menitipkan agar para jamaah haji mendoakan Sumenep lebih baik.

“Kami mohon para jamaah haji mendoakan Sumenep tercinta. Supaya lebih baik,” harapnya.

Diketahui, JCH asal ‘Kota Keris’ pada 2019 sebanyak 752 orang. Hanya saja, tiga hari menjelang pemberangkatan, 5 orang gagal berangkat. Mereka dikarenakan satu orang meninggal dunia dan 4 lainnya sakit.

“Satu jemaah meninggal dunia dan 4 jemaah lainnya sakit. Mereka diketahui tiga hari sebelum pemberangkatan,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Moh Rifa’i Hasyim.

Ke lima JCH yang gagal berangkat 2019 adalah tiga orang masuk di kloter 06 yakni Osman bin Su’in (mendampingi istrinya sakit), Hani’iyah binti Yusuf (sakit), Rohmatun binti Moh. Halil (sakit) dan dua orang di kloter 7 yaitu Moh. Halil bin Saedih (sakit), Atnami bin Maiding (meninggal). (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here