https://limadetik.com/

Pupuk Kearifan Lokal, Pemdes Dukuhsari Gelar Selamatan Desa

  • Bagikan
Pupuk Kearifan Lokal, Pemdes Dukuhsari Gelar Selamatan Desa

SIDOARJO, LimaDetik.Com – Nusantara dengan berbagai Suku, Bangsa dan Bahasa tentunya mempunyai berbagai macam kearifan lokal yang berbeda dan amat sangat banyak.

“Kebudayaan atau kearifan lokal ini harus dijaga dan dilestarikan selamanya. Jangan sampai musnah atau punah tergerus oleh waktu, kemajuan jaman yang semakin cepat yang tak mungkin dihindari” Kata Ikhwan Widodo, Kades Dukuhsari. Rabu (17/2/2021).

https://limadetik.com/

Ia menegaskan, untuk melestarikan kearifan lokal ini tentunya bisa melalui berbagai cara. Salah satunya adalah selamatan yang berarti meminta keselamatan pada Sang Pencipta dalam segala hal.

Baca juga: BPPKB Gelar Pelatihan Pendataan Berbasis Digital di Desa Dukuhsari

Di desa Dukuhsari sendiri, pada tanggal 16 Maret 2021 kemarin telah menggelar selamatan bertempat di balai Dusun Tebu Seren Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon. “Selamatan ini diadakan dalam rangka mendekati musim panen sehingga panen berhasil melimpa” ucapnya.

Dikatan Ikhwan Widodo, selamatan tersebut merupakan kearifan lokal yang harus dipertahankan dari generasi ke generasi sehingga kebudayaan atau kearifan lokal tidak sampai tergerus jaman.

“Dengan selamatan ini kita memimta kepada Tuhan agar tanaman padi ini dilindungi dari segala macam penyakit atau hama dan hasilnya melimpah.” tukasnya.

(msa/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan