Antisipasi Ngebut, Satlantas Polres Situbondo Gunakan Speed Gun

SITUBONDO, Limadetik.com – Alat pendeteksi kecepatan yang di namakan Speed gun, terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah kamera dan dibawahnya terdapat beberapa tombol. Fungsinya,untuk batas kecepatan suatu kendaraan tersebut. Dalam menggunakannya pun polisi cukup berada di area black spot atau jalur satu arah.

Ketika ada kendaraan yang ngebut, polisi membidik kendaraan dengan alat tersebut. “Nanti kita lihat, kalau ada mobil, truk yang melebihi batas kecepatan langsung kita bidik memakai ini,” ujar Kasat Lantas  Polres Situbondo AKP Himawan melalui Kanit Patroli, IPTU Suhadak.

Setelah kendaraan tersebut berhasil dibidik, akan mengeluarkan bunyi jika melebihi batas kecepatan. Kemudian data yang didapatkan dari speed gun diteruskan kepada beberapa personel yang lain. “Selama anggota kita memiliki, aplikasi di dalam HP nya, bisa segera menerima hasil ini,” lanjutnya.

Disebutkan, jalur black spot satu arah yang didata Polres Situbondo ada tiga titik.diantaranya jln.pemuda,jln.Basuki dan jln.PB Sudirman,karena jalan tersebut sudah ada rambu peringatan akan kecepatan  “tiga titik itu kami anggap sebagai balck spot,” beber Kanit Patroli Satlantas Polres Situbondo Ipru Suhadak.Rabu kemarin 14/2/2018

Saat ini jumlah alat yang dimiliki, masih satu unit saja. Lantaran harga, yang dari alat tersebut mahal. “Sementara kita masih punya satu, harganya mahal sekitar Rp 100 juta keatas. Namun kami maksimalkan,” terangnya.

Harapannya, setelah diluncurkannya program speed gun ini, pengguna jalan lebih sadar berkendara. Selain itu dapat, menurunkan kecepatannya dalam berkendara. Jika semuanya dapat terwujud, maka akan menurunkan angka kecelakaan.(djok/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here