KANGEAN, Limadetikcom – Seorang Ibu muda terlihat membawa kantong plastik, selanjutnya ia terlihat membungkukkan tubuhnya. Jari tangannya dengan cekatan memungut satu persatu sampah yang berserakan di area tempat wisata Gua Koning yang terletak di Desa Kalikatak, Kecamatan Arjasa Kepulauan Kangean.

Tanpa pamrih, dan memperdulikan pengunjung lainnya, dia berjibaku membersih sampah. berbagai jenis sampah, mulai botol bekas minuman, plastik bekas bungkus makanan, hingga bekas alas duduk berserakan di kawasan tersebut.

Wisata alam gua koneng kecamatan arjasa,pulau kangean sumenep

Banyaknya sampah yang dibuang sembarangan, lantaran sedikitnya tempat sampah di kawasan itu. Akibatnya, pengunjung bebas membuang botol bekas minuman dan makanan yang mereka bawa.

Selain itu, kesadaran para pengunjung tempat wisata Gua Koning juga menjadi faktor pendukung menumpuknya sampah dilokasi itu.

Adalah Riza Oktafia (28) si Ibu muda yang tergerak hatinya untuk membersihkan sampah-sampah tersebut.

Wanita asal Desa Laok Jang-jang ini tidak peduli dengan penilaian orang. Yang jelas dia yakin dengan perjuangannya untuk mengajak orang hidup bersih.

“Whatever. Saya hanya ingin mengajak hidup bersih melalui program ‘Indonesia Bersih dan Hijau’, kepada seluruh masyarakat di Pulau Kangean ini,”kata Reza kepada Limadetik.com melalui pesan aplikasi Messengger.

Bagaimana ia bisa membersihkan sampah di area wisata Gua Koning?

Ibu muda yang berprofesi sebagai guru honorer di SDN itu mengisahkan. Awalnya dia ingin menikmati liburan dengan mengunjungi tempat wisata Gua Koning, namun sayangnya, niat berliburnya tersebut berujung kekecewaan.

Yang dilihatnya bukan gua eksotis dengan batu batu stalakmitnya, namun tumpukan sampah yang berserakan. Bahkan di dalam area Gua Koning, yang menyimpan potensi wisata, aroma pesing begitu terasa.

Ibu beranak satu tersebut mengungkapkan, aksi memungut sampah itu didasari dari kepeduliannya terhadap lingkungan.

“Masalah kebersihan ini sebenarnya bukan saja tanggung jawab pemerintah, tapi semuanya termasuk kita yang setiap harinya memproduksi sampah. Kita minta komitmen semua pihak untuk ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan,”jelas Riza.

Ia berharap kepada pemerintah untuk menyediakan tempat sampah di beberapa titik sehingga masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya.

“Juga untuk masyarakat yang berjualan dan berkunjung di area wisata Gua Kuning itu agar menyimpan sampah pada tempatnya, jika belum ada tempat sampah, ya bisa dipegang dulu lah,” Harapnya.

Kepedulian Reza Oktaviani  yang tinggi terhadap alam dan lingkungan ini, patut dicontoh oleh seluruh masyarakat khususnya di kepulauan Kangean. karena dengan saling menjaga kebersihan, sangat besar pengaruhnya terhadap keberlangsungan lingkungan dimasa yang akan datang. (Edz/yd) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here