Kapolres Sumenep, AKBP Fadhilah Zulkarnaen mengangkapkan segala kemungkinan bisa saja terjadi. Sehingga pihaknya perlu menyiapkan antisipasinya, termasuk potensi kerawanan.

“Berdasarkan pemetaan sementara Sumenep termasuk wilayah dengan tingkat kerawanan konflik yang minim. Kalau pun ada, potensi kerawanan lebih diakibatkan sebagai dampak dari kondisi geografis, karena Sumenep terdiri dari berbagai pulau,” katanya, Sabtu (26/1/2018).

Sumenep terdiri dari 126 pulau dan hanya 48 pulau yang berpenghuni. Disamping itu anggota Polres setempat yang disiapkan hanya sekitar 700 personel.

“Ada keterbatasan jumlah personel, misalnya jika dibandingkan dengan jumlah tempat pemungutan suara¬† pilkada Jawa Timur 2018 yang telah ditetapkan sebanyak 2.400 unit,” terangnya.

Diketahui, Sumenep terdiri dari 334 desa/kelurahan di 18 kecamatan di wilayah daratan dan 9 kecamatan di pulau.

Menurutnya, sejak awal 2018 pihaknya selalu mengingatkan supaya polisi meningkatkan kondisi yang terjadi disekitarnya. Untuk sementara yang masih terus mendapat pengawasan khusus di wilayah Kecamatan Guluk-guluk. Sebab beberapa waktu lalu Balai Desa Guluk-guluk dilempari bondet orang yang dikenal. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here