BANJARMASIN, Limadetik.com – Kepolisian Sektor (Polsek) Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Banjarmasin memperketat pengamanan di Pelabuhan Martapura Baru Seperti yang terlihat Minggu (15/7) malam, polisi melakukan melakukan pemeriksaan dan penggeledahan baik orang maupun barang dan pembinaan terhadap Buruh, Mandor dan ABK serta anak-anak muda yang berkumpul.

Kapolsek KPL Kompol Susilawati, S.H, mengatakan, pemeriksaan tersebut sebagai salah satu bentuk antisipasi agar situasi kamtibmas di KPL kondusif.

Pihaknya mengawasi dan memeriksa sejumlah penumpang, kendaraan dan barang yang turun maupun akan dibawa melalui pelabuhan.

“Kami ingin Banjarmasin khususnya KPL tetap aman, sehingga kami memperketat pintu masuk dan keluar daerah ini, salah satunya di pelabuhan,” ucap Susilawati. Minggu (15/7).

Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh pihaknya untuk langkah antisipasi agar sejumlah oknum yang ingin mengganggu situasi kamtibmas di KPL Banjarmasin bisa terdeteksi dan dicegah sejak awal. Selain itu, bertujuan mencegah keluar masuknya kendaraan ilegal ke daerah ini.

Selain atas tujuan tersebut, pemeriksaan penumpang juga untuk mencegah peredaran narkoba. Apalagi, selama ini masih banyak pengedar narkoba yang tertangkap menerima suplai dari luar Pulau Kalimantan.

“Selama ini narkoba juga disuplai dari Jawa. Sebab itulah kami mengantsipasi dengan menjaga ketat jalur pelabuhan,” tuturnya.

Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) dipimpin Ka SPKT III Aipda Muji Selamet, Mingggu sekitar pukul 21.30 wita Dengan menerjukan 6 personel kali ini dengan sasaran Sajam, Miras, Narkoba, Obaya, Premanisme, Ranmor R2- R4, KTP maupun barang – barang illegal, penyakit masyarakat lainnya serta Pemeriksaan container Antisipasi penyelundupan Satwa yang dilindungi.

Sekalipun nihil tangkapan, Operasi Cipkon tetap dilaksanakan guna menciptakan rasa aman dan nyaman di masyarakat serta mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan. (Edoz/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here