https://limadetik.com/

Temui Bupati Sumenep, Pemuda Kepulauan Pertanyakan Nasib Listrik di Giliraja

  • Bagikan
Temui Bupati Sumenep, Pemuda Kepulauan Pertanyakan Nasib Listrik di Giliraja
FOTO: Bupati Sumenep Achmad Fauzi, saat menemui sejumlah pemuda kepulauan Giliraja, Kecamatan Giligenting

SUMENEP, LimaDetik.Com – Belum jelasnya nasib listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel/PLTD) di Kepulauan Giliraja, Kecamatan Giligenting membuat sejumlah pemuda menemui Bupati Sumenep Achmad Fauzi, dengan melakukan audiensi.

Bukan tanpa alasan, para pemuda tersebut menemui orang nomer satu di Kabupaten Sumenep itu, sebagaimana dikatakan Syaiful Anang, perwakilan pemuda setempat, mereka mengunjungi Bupati untuk menyampaikan harapan besar masyarakat kepulauan tentang penantian panjangnya prihal realisasi listrik yang hingga kini belum jelas.

https://limadetik.com/

“Tujuan kami datang menemui Bupati, ingin menanyakan progres kelistrikan di pulau kami, ini yang menjadi pertanyaan, harapannya bagaimana listrik segera menyala,” katanya, Rabu (23/6/2021).

Sejumlah pemuda yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Giliraja (AMG) ditemui langsung Bupati Achmad Fauzi, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep.

Mereka merasa mendapatkan angin segar, ketika Bupati mengatakan bahwa serah terima operasional (STO) jaringan listrik yang telah dipasang Pemkab segera dilaksanakan.

“Alhamdulillah, oleh-oleh kami untuk masyarakat giliraja, tadi pak Bupati menyampaikan bahwa STO ditargetkan bulan depan selesai dengan PLN, ini angin segar bagi kami,” ungkapnya.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli menyampaikan, semangat pemerintah daerah tidak pernah surut, berbagai ikhtiar telah direalisasikan, mulai dari pengadaan sarana dan prasarana, dan semacamnya.

“Terbaru, kita juga sudah menganggarkan lewat APBD untuk listrik PLTD di Giliraja, kita harapkan ini sesegera mungkin bisa terealisasi,” sebutnya.

Menurut Ramli, melihat semangat besar masyarakat setempat, tidak ada alasan di pulau Giliraja akan minim pelanggan, optimisme itu bisa dilihat dari besarnya keinginan masyarakat untuk dapat menikmati aliran listrik.

“Besarnya keinginan masyarakat menjadikan kita optimis, PLN tidak akan kekurangan pelanggan nantinya, dan itu sudah kami sampaikan ke pihak PLN,” tegas mantan Kepala Dinas Sosial Sumenep ini.

Ia juga mengatakan, koordinasi inten terus dilakukan pemerintah dengan PLN, sehingga kebutuhan sarana dan prasarana yang menjadi tanggungjawab pemerintah akan dipenuhi seluruhnya, sementara urusan teknis itu ranah PLN.

“Ini memang tidak mudah, segala persiapan teknis harus clear. Draf telah siap, tinggal pelaksanaan serah terimanya saja dari kami (Pemerintah,red) dengan PLN,” tegas Ramli.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyambut baik usaha gigih para pemuda pulau setempat untuk selalu mempertanyakan progres realisasi listrik.

Di hadapan para pemuda Giliraja, Fauzi menyampaikan, listrik ini harus dikawal bersama-sama, baik masyarakat setempat, PLN dan Pemerintah, karena targetnya adalah bagaimana masyarakat bisa segera menikmati aliran listrik.

“Hasil komunikasi terakhir, kita targetkan STO bulan depan sudah terlaksana,” terang Bupati.

Oleh karenanya, secara tegas politisi muda PDI Perjuangan kota keris ini mengatakan, pemerintah daerah siap memenuhi segala kebutuhan PLN, yang terpenting realisasi listrik PLTD tersebut segera terealisasi.

“Mari kita kawal bersama, kita akan percepat realisasinya, karena ini kebutuhan urgen masyarakat, saya pastikan itu, ini harus dipercepat,” tukasnya.

(yd/ls)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan