https://limadetik.com/

Gelar Musrenbang RPJMD, Bupati Sumenep Ajak OPD Bangun Lima Misi Pembangunan

  • Bagikan
Gelar Musrenbang RPJMD, Bupati Sumenep Ajak OPD Bangun Lima Misi Pembangunan
FOTO: Achmad Fauzi, SH,MH saat Musrengbang RPJMD

SUMENEP, LimaDetik.Com – Bupati Sumenep Achmad Fauzi, mengajak semua OPD membangun lima visi pembangunan dalam menyongsong kemajuan Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim, kedepan.

Hal itu disampaikan saat acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026.

https://limadetik.com/

Dalam acara tersebut Bupati Achmad Fauzi, SH, MH dan Wakil Bupati Dewi Khalifah, menetapkan visi yaitu Sumenep Unggul Mandiri dan Sejahtera yang dijabarkan dalam 5 (lima) misi pembangunan, yakni membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing bidang pendidikan, kesehatan dan ketenagakerjaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan ekonomi berbasis kawasan dari hulu ke hilir, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, inovatif dan responsif dalam melayani masyarakat, melaksanakan pembangunan berazas gotong royong dan berkearifan lokal serta memperkuat pembangunan infrastruktur berbasis lingkungan hidup yang berimbang antara daratan dan kepulauan.

“Pelaksanaan Musrenbang ini merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah lima tahunan yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD. Jadi, kami mengajak semua OPD bersinerji bangun visi ini,” ujar Bupati Sumenep.

Untuk itulah, para pimpinan Organisasi Perangkat Dearah (OPD) dalam menyusun dokumen perencanaan diharapkan sesuai visi, misi, tujuan dan sasaran dalam RPJMD.

“Karena konsistensi penjabaran visi dan misi ke dalam tujuan dan sasaran sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan pembangunan daerah,” paparnya.

Politisi PDI Perjuangan itu, mengatakan indikator kinerja daerah yang sudah diformulasikan oleh tim penyusun RPJMD dan tim pendamping, dapat dijadikan acuan dalam penyusunan dokumen rencana strategis dan rencana kerja perangkat daerah.

“Indikator itu berupa matriks cascading atau penjabaran dan penyelarasan visi, misi, tujuan, sasaran, indikator tujuan dan indikator sasaran RPJMD, sehingga tercipta dokumen perencanaan yang selaras dan berkualitas,” katanya.

Selain itu, Visi dan Misi itu dijabarkan dalam bidang yang menjadi titik tekan pembangunan di Kabupaten Sumenep, adalah bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ketenagakerjaan, pembangunan bidang ekonomi, bidang pariwisata, bidang tata kelola pemerintahan, bidang sosial, dan pembangunan kepulauan.

“Program prioritas atau unggulan dalam pencapaian pembangunan daerah antara lain, penguatan kompetensi, peningkatan kesejahteraan guru sekolah, guru ngaji dan guru madrasah diniyah, serta dukungan program beasiswa, peningkatan kualitas standar pelayanan dan pembangunan kesehatan dasar, mencetak wirausaha santri dan kalangan muda di era industri 4.0,” ujarnya.

“Pengembangan ekonomi kawasan dan percepatan ekonomi berbasis desa tematik, mewujudkan kawasan wisata Madura (visit Madura) dan pengembangan ekonomi kreatif, tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional (smart city), peningkatan penanganan masalah sosial dengan semangat gotong royong serta peningkatan infrastruktur dan transportasi kepulauan,” tambahnya.

(Bahri/ls)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan