Anggaran DD 2019 di Sumenep Naik Rp. 60 Miliar

SUMENEP, limadetik.com – Pemerintah Pusat pada 2019 ini menaikkan anggara Dana Desa (DD) untuk Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Buktinya, anggaran DD tahun ini mencapai Rp. 338 Miliar atau naik sekitar Rp. 60 Miliar dibanding tahun lalu yang hanya Rp. 278 Miliar.

“Sedangkan Alokasi Dana Desa (ADD) yang ditetapkan Pemkab tahun ini tetap sama dengan 2018, yaitu Rp. 123 Miliar,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Sumenep, Ahmad Masuni, Selasa (23/1/2019).

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Sumenep itu mengungkapkan, setiap tahun pagu dana perimbangan Pusat yang dikucurkan ke desa melalui DD terus mengalami kenaikan. Tahun ini misalnya, naik dibandingkan tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini, program prioritas DD ditekankan pada pembangunan embung, pengembangan produk unggulan dan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” terangnya

Selain itu, sambung Masuni bisa digunakan untuk pembangunan sarana olahraga. Tetapi, pemerintah desa disarankan tidak hanya fokus pada infrastruktur saja, namun peningkatan kwalitas sumber daya manusia (SDM) perlu ditingkatkan pula.

“Kami menghimbau agar pemerintah desa mengelola keuangan negara itu secara profesional untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa sesuai perundang-undangan yang berlaku,” saran Masuni.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here