Dua Parpol di Sumenep Tidak Lengkapi Bacaleg di Semua Dapil

SUMENEP, Limadetik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur telah menutup masa pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) pemilu 2019, Selasa (17/7/2018).

Hanya saja, masih ada beberapa partai politik (parpol) yang tidak melengkapi bakal calon legislatifnya disemua daerah pemilihan. Diantaranya adalah Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) yang hanya mengajukan bacalegnya di daerah pemilihan Sumenep I.

“Itu pun bacaleg di dapil satu yang diajukan itu tidak formasi secara maksimal, hanya ada berapa persen. Sedangkan di dapil lainnya sama sekali tidak ada bacaleg yang diajukan,” kata Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa, Kamis (19/7/2018).

Malik mengungkapkan, selain itu juga Partai Berkarya tidak mengisi bacaleg di dua daerah pemilihan. Dua parpol yang tidak mengisi bacaleg disemua dapil itu tetap bisa ikut pemilu, dimana parpol itu memiliki bacalegnya.

“Sedangkan yang lain, semuanya mengusulkan bacalegnya di semua dapil meski ada parpol yang tidak mengisi bacalegnya secara pola maksimal,” terangnya.

Setelah tahapan pendaftaran bacaleg selesai, KPU melakukan verifikasi keabsahan berkas bacaleg yang diajukan dan dilanjutkan dengan menyampaikan hasil verifikasi keabsahan berkas ke masing-masing parpol.

“Hingga saat ini belum ada berkas yang mencurigakan dan harus ditindaklanjuti,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here