MAKASSAR, Limadetik.com — Kasus penipuan jamaah umroh yang sempat heboh dan viral beberapa tahun yang lalu kini tengah masuk babak akhir. Pelakunya pun Bos Abu Tours Hamzah Mamba telah menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (28/1/2019).

Dalam pembacaan amar putusan oleh hakim, Hamzah Mamba telah divonis 20 tahun penjara dengan denda Rp 500 juta karena dinilai terbukti telah melakukan penggelapan dan pencucian uang milik calon jamaah umrah Abu Tours senilai Rp 1,2 triliun. Uang ini dipergunakan untuk membeli logam mulia, tas dan jam tangan bermerek, hingga membeli bangunan.

Terungkapnya hal ini dalam pembacaan vonis Hamzah Mamba di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Jalan RA Kartini, Makassar, Senin (28/1/2019). Hal di atas terungkap saat hakim anggota Muhammad Salim Giribasuki membacakan pertimbangan hakim.

“Untuk memberangkatkan jemaah yang berjumlah 98 ribu orang, dibutuhkan dana sebesar Rp 1,8 triliun, Padahal dana yang tersisa di rekening Abu Tours hanya tinggal sekitar Rp 2 miliar,” kata Salim.

Sepanjang Abu Tours beroperasi, Hamzah Mamba berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 1,2 triliun. Uang ini didapatkan dari setoran jemaah dari transfer dan setoran langsung ke Abu Tours. Sayangnya, uang trilunan itu dipergunakan secara pribadi oleh Hamzah Mamba.

“Digunakan untuk gaji karyawan, fee agen atau mitra, listrik, ditransfer ke rekening Hamzah Mamba dan Nursyariah Mansur dan sebagian lagi untuk pembelian tanah dan bangunan, pembelian kendaraan bermotor roda dua dan empat,” sebut Salim.

Tidak hanya itu, uang jemaah ini untuk pembelian barang-barang mewah untuk Hamzah Mamba dan mendirikan anak-anak perusahan di bawah naungan Abu Corps.

“Pembelian lensa Canon, televisi, jam tangan dan logam mulia, pembelian sepatu, tas, helem, koper, jaket dan kacamata, dan logam mulia,” ujarnya.

Ditambahkannya, uang ini juga digunakan untuk mendirikan restauran dan beberapa tabloid dan radio untuk mendukung usaha dari Abu Tours. (LD/ARN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here