BANGKALAN, limadetik.com — Lagi-lagi paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur tidak quorum atau memenuhi standard anggota yang hadir di ruang paripurna DPRD Setempat, Kamis (18/7/2019).

Bahkan saat kegiatan paripurna anggota Dewan yang terhormat ini pun harus di skorsing selama 30 menit. Hal tersebut dilakukan karena anggota legislatif yang hadir belum memenuhi batas quorum. Berdasarlan pantauan media ini di lokasi, senator Kabupaten yang hadir hanya ada sekitar 16 orang anggota.

Pada agenda rapat paripurna kali ini anggota dewan sejatinya akan membahas penyampaian nota pengantar Bupati Bangkalan Tentang Rancangan Perubahan APBD TA 2019. Terkait hal ini Wakil Bupati Bangkalan, Moh. Mohni mewakili Bupati Ra Latif. Setelah molor selama 30 menit, akhirnya bisa quorum dan paripurna kembali dilanjutkan.

Menanggapi molornya acara rapat paripurna kali ini, Wakil Ketua DPRD Bangkalan, Fatkurrohman mengungkapkan, bahwa dipendingnya rapat paripurna selama 30 menit lantaran banyak anggota dewan belum hadir. Sebab jelasnya, berbarengan dengan jadwal kunjungan kerja, sehingga ada keterlambatan anggota untuk hadir.

“Di skorsingnya paripurna selama 30 menit tadi itu lantaran teman-teman (anggota DPRD) secara kebetulan saja bersamaan dengan kunker anggota. Akhirnya banyak yang terlambat, dan setelah itu baru quorum. Jadi bukan tidak tertarik ya” katanya ketika dikonfirmasi setelah selesai.

Selain itu, tambah Jih Kur, sapaan akrab politisi PDIP ini, jika dirinya sudah mewanti- wanti agar paripurna berjalan sesuai jadwal. Namun, karena berbarengan dengan jadwal kunker, dan sebagian anggota dewan ada yang pulang ke rumah maka dipending selama 30 menit.

“Kalau saya sendiri sudah bangun jam 02.00 wib dini hari, setelah itu jam 4 terbang sampai di sini (bangkalan) jam 6 pagi. Dan untuk teman-teman sudah saya ingatkan agar bisa pulang pagi. Jadi pada intinya ini hanya keterlambatan hadir saja” terangnya.

Selanjutnya, masih kata Fatkhorrahman, disanping itu juga ada yang jauh jauh tempat tinggalnya, dari tanah merah, banyubunih dan lain lain. “Namun setelah kita lakukan skorsing 30 menit temen temen pada datang kan, jadi sekali lagi salah satu faktornya ada jadwal kunjungan dan paripurna, makanya saya jadwal jam satu, itu saja,” tukasnya.

Kedepannya, politisi besutan partai Megawati ini berharap anggota legislatif lebih rajin lagi. Karena katanya, masa kerja anggota DPRD Periode 2014-2019 hanya tersisa 1 bulan lagi.

“Jadi saya berharap, karena paripurna ini waktunya tinggal sedikit lagi ya, saya selalu menghimbau, sembari minta tolong, dan saya menghimbau agar lebih rajin lagi,” pungkasnya sembari menunjuk ke arah salah satu anggota dewan. (ron/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here