Jaga Generasi Bangsa, Obat Terlarang Mulai Masuk Desa

SUMENEP, Limadetik.com – Penyebaran obat jenis terlarang, seperti Tramadol, Somadril, dan Paracetamol Cafein Carisoprodol (PCC) sudah merambah ke tingkat desa.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pengendalian, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Sumenep, Jawa Timur, Dwi Regnani mengimbau masyarat untuk waspada.

“Obat terlarang ini tidak hanya di kota-kota besar, penyebarannya sudah masuk ketingkat desa,” kata Dwi Regnani, Jum’at (15/9/2017).

PCC, Tramadol, dan Somadril merupakan obat yang melemaskan otot dan menyasar syaraf keseimbangan. Ketika seseorang mengkonsumsi tiga jenis obat tersebut bisa menimbulkan perilaku seperti orang gila, sebagaimana yang menimpa anak-anak dan remaja Kendari beberapa waktu lalu.

Pihaknya menyarankan, supaya para orang tua melakukan pengawasan kepada anak dan cucunya selama 24 jam. Ia mewanti – wanti agar tidak ada remaja di Sumenep yang jadi korban obat. Sebab, bisa merusak generasi para penerus bangsa.

“Tujuan pelaku penyebaran obat-obatan tersebut bukan keuntungan yang bersifat materi, melainkan untuk merusak generasi bangsa. Karena yang menjadi sasaran mereka anak usia sekolah dan remaja,” tukasnya.(hoki/rud)

1 KOMENTAR

Leave a Reply