Beranda News Artikel Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Lidah Putih Pada Bayi

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Lidah Putih Pada Bayi

0
Ilustrasi

Limadetik.comSebenarnya lidah putih pada bayi bukanlah masalah serius. Biasanya bercak putih pada lidah bayi ini muncul setelah si kecil minum susu. Jika tidak segera diatasi, dikhawatirkan bercak putih ini akan menjadi infeksi jamur kandida. Jika jamur kandida ini tidak kunjung dibersihkan, lama-kelamaan jamur akan berkembang biak dan mengakibatnya sariawan. Kalau si kecil sariawan, wah nafsu makan si kecil bisa saja terganggu lho. Nah, untuk menghindari itu semua, yuk ketahui apa penyebab dan cara mengatasi lidah putih pada bayi.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, dikhawatirkan lidah putih pada bayi akan menjadi infeksi jamur Candida Albicans yang kemudian berkembang dan mengakibatkan sariawan. Jamur ini bisa berkembang biak karena beberapa sebab, diantaranya:

  • Sistem kekebalan tubuh bayi yang masih lemah, sistem kekebalan tubuh bayi belum berkembang sepenuhnya, karena itu jamur Candida Albicans mudah berkembang biak. Tidak hanya itu, bayi juga rentan terkena infeksi dan iritasi di saluran cerna yang disebabkan oleh jamur.
  • Kebersihan mulut bayi kurang terjaga, mulut bayi yang kurang terjaga kebersihannya akan menjadi tempat pertumbuhan kuman yang akhirnya akan menimbulkan infeksi jamur pada area rongga mulut dan gusinya. Jadi, jangan lupa selalu menjaga kebersihan mulut si kecil.
  • Konsumsi obat, obat semacam antibiotik yang dikonsumsi si kecil dapat membunuh bakteri baik dalam mulut, sehingga menimbulkan bercak putih.

Selain penyebab di atas, sebenarnya ada faktor lain yang menyebabkan lidah putih pada bayi, diantaranya adalah

  • Infeksi jamur vagina saat ibu hamil dan sebelum melahirkan
  • Luka di bagian puting payudara, misalnya puting lecet atau berdarah. Jika tidak sering-sering dibersihkan, maka bakteri dan jamur masuk ke dalam payudara.
  • Mengonsumsi obat yang mengandung estrogen
  • Penyakit pada ibu dan bayi yang menekan sistem imun, seperti diabetes atau anemia.
  • Menggunakan BH yang basah dan lembab, hingga jamur mudah tumbuh. Jadi usahakan sesering mungkin mengganti BH.
Bercak Lidah Putih yang Harus Diwaspadai

Jika terdapat bercak putih pada lidah bayi, dan muncul tanda-tanda berikut ini pada si kecil. Orang tua harus waspada dan segera membawa si kecil ke dokter.

  • Terdapat lapisan putih di bagian bibir bayi.
  • Bayi menangis saat menyusu ataupun mengempeng.
  • Bayi menolak menyusu padahal lapar.
  • Gas berlebih di tubuh bayi yang diakibatkan oleh jamur masuk ke perutnya.

Cara Mengatasi Lidah Putih Pada Bayi

Jika bercak putih pada bayi dirasa parah, dokter akan memberikan obat anti jamur untuk si kecil guna menghilangkan bercak putih tadi agar tidak menggangu kenyamanan si kecil.

  • Obat oles Miconazole, untuk menggunakan obat ini, orang tua hanya perlu mengoleskan gel Miconazole pada bagian mulut yang terinfeksi. Agar tidak tersedak, sebaiknya orang tua mengoleskannya sedikit demi sedikit. Jangan mengoleskan obat terlalu dekat dengan tenggorokannya. Ingat untuk selalu ikuti petunjuk pada kemasan obat.
  • Obat tetes Nystatinkarena obat tetes, jadi orang tua cukup meneteskan obat ini pada bagian yang terdapat bercak putih. Gunakan obat ini hingga 2 hari setelah bercak putih hilang.

Itu tadi penyebab dan cara mengatasi lidah putih pada bayi. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut bayi dan kebersihan payudara atau botol susu untuk menghindari munculnya jamur.

 

 

 

 

 

 

 

 


Sumber: Mommyasia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here