Saat tim nasional KKS vetifikasi lapangan di Kabupaten Sampang.

SAMPANG, Limadetik.com ā€” Akhirnya Tahun 2019 ini Kabupaten Sampang masuk verifikasi lapangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tingkat Nasional, katagori swasti saba Wiwerda dengan 4 tatanan verifikasi, diantaranya tatanan permukiman sarana dan prasarana sehat, kedua tatanan masyarakat sehat dan mandiri, ketiga tatanan kehidupan sosial yang sehat dan yang keempat tatanan ketahanan pagan dan gizi yang sehat.

Tim verifikasi lapangan tingkat Nasional mulai 9-10 September 2019 hadir di Kabupaten Sampang untuk melalukan verifikasi 4 tatanan tersebut, hari pertama tim verifikasi bertemu dengan tim Forum Sampang Sehat (FSS), Balitbangda, dan beberapa OPD terkait dengan tatanan diverifikasi lapangan, bahkan kedatangan tim verifikasipun disambut hangat oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi beserta ibu Bupati.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Sampang, Tony Moerdiwanto disela-sela penyambutan tim verifikasi lapangan, ia menjelaskan Tahun 2019 ini Kabupaten Sampang masuk verifikasi lapangan swasti saba Wiwerda, dengan 4 tatanan, yakni pertama tatanan permukiman sarana dan prasarana sehat, kedua tatanan masyarakat sehat dan mandiri, ketiga tatanan kehidupan sosial yang sehat dan yang keempat tatanan ketahanan pagan dan gizi yang sehat, Alhamdulilah saat ini 2019 lolos dan diverifikasi lapangan oleh tim KKS Nasional. Selasa (10/9/2019).

“Keempat tatanan tersebut, kebetulan lokasinya berada di dua Kecamatan di Kabupaten Sampang yakni Kecamatan Sampang dan Kecamatan Omben. Kami berharap kekompakan semua pihak mulai dari OPD terkait, Forum Sampang Sehat (FSS) dan masyarakat terus terjaga demi tercapainya Sampang menjadi Kabupaten sehat katagori swasti saba Wiwerda” terang Tony.

Lanjut Tony, seperti kita ketahui bersama, tujuan Kabupaten/Kota Sehat (KKS), yakni tercapainya, kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya, dengan tercapainya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatnya sarana dan produktifitas serta perekonimian masyarakat.

Sementara di 4 tatanan tersebut, FSS bersama tim terkait menampi dan memfasilitasi verifikasi lapangan diantaranya, kampung Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan taman posyandu, Desa Napo Laok, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Sampang Kota, Lumbung pangan tani, Kelurahan Karang Dalam, Kecamatan Sampang Kota, Pasar Rong Tengah, Kelurahan Rong Tengah, Kecamatan Sampang Kota, Taman Kota dan Pedagang Kaki Lima (PKL) Pujasera, Wijaya Kusuma, Kecamatan Sampang Kota, dan lain-lain. (NOR/YT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here