https://limadetik.com/
Tak Berkategori  

Trobosan Baru FWP Bangun Sinergitas Bersama IAIN Madura

“Mahasiswa biasanya kritis. Mereka juga tajam dalam melakukan verifikasi. Ini penting untuk menangkal hoaks,” ucap wartawan Jawa Pos Radar Madura itu, Senin (28/3/2022).

Trobosan Baru FWP Bangun Sinergitas Bersama IAIN Madura
FOTO: Ketua FWP bersama Rektor IAIN Madura saat menandatangani MoU

PAMEKASAN, Limadetik.com – Trobosan baru kembali dilakukan oleh Forum Wartawan Pamekasan (FWP). Kini, FWP menyepakati memorandum of understanding (MoU) dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.

Salah satu poinnya, jurnalis FWP akan berbagi wawasan jurnalistik kepada. MoU tersebut ditandangani oleh Ketua FWP Ongky Arista Ujang Arisandi dan Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim, Senin (28/3/2022).

limadetik branding

Menurut Ongky, langkahnya itu sebagai bentuk kepedulian terhadap mahasiswa. Sebab, penggunaan media sosial dewasa ini sangat massif. Sehingga memerlukan bekal pengetahuan jurnalistik untuk memverifikasi akurasi sebuah informasi.

“Mahasiswa biasanya kritis. Mereka juga tajam dalam melakukan verifikasi. Ini penting untuk menangkal hoaks,” ucap wartawan Jawa Pos Radar Madura itu, Senin (28/3/2022).

Verifikasi sebuah berita belakangan ini sangat diperlukan. Dinamika perkembangan teknologi, politik, dan sosial budaya kerap disusupi hoaks. Sebab berita bohong itu, perselisihan dan bahkan perpecahan sangat rentan terjadi.

Baca Juga :  Pertama Kali, Himpass Bareng Polsek Sapeken Lakukan Pencegahan Gelap Narkoba

Sejatinya, lanjut Ongky, pengetahuan dasar untuk melakukan verifikasi berita cukup dengan 5W 1H. Namun pengaplikasiannya memerlukan pengetahuan lebih. Bahkan pengalaman dalam memverifikasi berita juga diperlukan.

“Karena kami melihat, sepertinya mahasiwa jarang ada yang rajin membaca koran ataupun media online. Padahal manfaatnya besar,” jelas alumnus IAIN Madura itu.

Selama ini, lanjut Ongky, IAIN Madura sangat aktif mengirimkan mahasiswanya untuk magang di perusahaan media massa. Dengan program FWP Goes to Campus, jurnalis yang akan datang ke kampus memberikan wawasan jurnalistik.

Pihaknya melihat, mahasiswa IAIN Madura cukup mengerti tentang pengetahuan dasar jurnalistik. Karena itu, materi yang akan disampaikan nanti lebih pada jurnalistik praktis. Dia yakin, mahasiswa IAIN akan mudah menangkap dan memahami materi pembelajaran.

Baca Juga :  Silaturrahmi, Ulama dan Habaib Minta Polres Pamekasan Jaga Netralitas Pemilu 2019

“Mahasiswa IAIN yang magang di perusahaan kami cepat paham. Sebulan sudah bisa menulis berita. Karena itu, sekarang giliran kami yang magang di kampus,” pungkas Ongky disambut tawa para tamu yang hadir.

Sekilas, Ongky memaparkan profil FWP kepada rektor IAIN Madura. FWP merupakan paguyuban lokal yang di dalamnya terdapat para jurnalis dari berbagai perusahaan media massa. Mulai dari TV, radio, media cetak, hingga media online.

Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim menyambut baik kemitraan yang dibangun dengan FWP. Bahkan dia sendiri jarang menemukan jurnalis yang mau terjun langsung ke perguruan tinggi. Karena itu, dia tidak ragu meneken MoU dengan FWP.

Pihaknya akan menyiapkan formula teknis kegiatan FWP Goes to Campus. Para dekan dari masing-masing jurusan akan diminta memberi waktu kepada jurnalis FWP untuk mengajar tentang jurnalistik kepada mahasiswa.

Baca Juga :  Bersama Bupati, HMI Cabang Persiapan Sampang Borong dan Bagi-bagi Takjil Hasil Produksi UMKM

Sebab, mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu juga merasa penting bagi mahasiswa mendapat pengetahuan jurnalistik. Selama ini, yang aktif di bidang jurnalistik hanya lembaga pers mahasiswa (LPM).

Pihaknya berharap, kemitraan dengan FWP terus berlanjut untuk waktu yang panjang. Sebab, trobosan FWP dinilai baik dan sangat mendukung terwujudnya tridharma perguruan tinggi. Selain itu, Kosim mengaku bangga kepada FWP. Sebab di dalamnya banyak alumni IAIN Madura.

Untuk diketahui, saat menemui jurnalis FWP di aula rektorat, Kosim didampingi Wakil Rektor I IAIN Madura Nur Hasan dan Kasubag Humas IAIN Madura Mustajab. Obrolan mereka berlangsung cair dan dipenuhi keharmonisan.

Tinggalkan Balasan