Ribuan Orang Akan Gelar Aksi Solidaritas Rohingya di Kedubes Myanmar Hari Ini

red: rudy

JAKARTA, Limadetik.com – Juru bicara Front Pembela Islam (FPI), Slamet Maarif menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan aksi solidaitas terhadap etnis Rohingya di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Myanmar, Jakarta. Aksi itu akan digelar sekira pukul 10.00 WIB.

“Hari ini kita akan ada aksi besar dan kita akan keluarkan pernyataan sikap yang jelas kita pasti mengecam tindakan tersebut,” kata Slamet , Rabu (6/9/2017).

Slamet mengatakan FPI juga meminta agar pemerintah turun tangan dalam menghentikan kekerasan kepada etnis minoritas Muslim Rohingya yang tinggal di wilayah Rakhine. Myanmar merupakan negara dengan mayoritas beragama Budha.

“Kita juga meminta pemerintah untuk turun tangan menghentikan kekerasan yang ada di Rohingya. Bila pemerintah gak sanggup, ya nanti FPI yang akan turun tangan melalui sukarelawan kita berangkat kesana,” ujar Slamet.

Selain itu, lanjut Slamet, FPI akan juga bertemu dengan perwakilan Kemenlu guna membahas krisis kemanusian yang ada di Rakhine.

Sebelumnya Polda Metro Jaya telah menerima surat pemberitahuan aksi unjuk rasa sejumlah ormas di Kedubes Myanmar sebagai bentuk solidaritas terhadap etnis Rohingya.

Dalam surat tersebut tertera, aksi unjuk rasa akan digelar pada Rabu 6 Agustus 2017 sekira pukul 13.00 WIB. Namun, Argo tidak membeberkan apa saja poin tuntutan yang akan di suarakan massa aksi tersebut.

Argo menambahkan, dalam surat pemberitahuan tesebut, massa aksi berkisar 10 ribu orang yang berasal dari berbagai perwakilan ormas Islam. Polisi, sambung Argo, siap untuk mengawal aksi tesebut agar berlangsung kondusif.

“Ribuan personel sudah kita siapkan. Sifatnya situasional, jika diperlukan bisa ditambah lagi,” ujar mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu.

Sekadar diketahui, beredar pamflet di media sosial, aksi unjuk rasa tersebut akan diikuti oleh Front Pembela Islam (FPI), Presidium Alumni 212, Forum Umat Islam (FUI), Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) dan ormas-ormas lainnya. (*)

Leave a Reply